alexametrics

Nokia 9 PureView Tampil di MWC 2019, Beneran Bawa Lima Kamera Utama

25 Februari 2019, 15:41:04 WIB

JawaPos.com – Kamu pencinta brand Nokia? Berbahagialah. Pasalnya, smartphone Nokia dengan lima kamera utama, Nokia 9 PureView benar-benar nyata dan siap meluncur ke pasaran.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman GSMArena, Senin (25/2), dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Nokia 9 PureView resmi ditampilkan dan menjadi buruan para fotografer serta gadget enthusiast.

Nokia 9 PureView hadir dengan lima buah kamera utama. Resolusi yang dibawanya masing-masing berukuran 12 MP. Kesemua lensanya juga membawa aperture f/1.8 besutan Zeiss. Dua di antaranya adalah RGB dan tiga lainnya monokrom.

Nokia 9 PureView, Nokia 9 PureView lima kamera, Nokia 9 PureView spesifikasi
Nokia 9 PureView (GSMArena)

Pada gelara MWC 2019, Nokia juga membuka tabir misteri. Desain belakang atas terdapat tujuh lubang. Lima di antaranya digunakan untuk lensa kamera dan satu untuk sebagai LED Flash Light dual tone. Lantas satu lubang lagi untuk apa?

Ya, lubang yang terakhir itu adalah lubang kamera keenam Time of Fligh (ToF). Bukan kamera yang sesungguhnya, namun hanya berfungsi untuk informasi kedalaman tambahan.

Dari segi spesifikasi, HMD yang kini dipercaya memengang merek dagang Nokia untuk smartphone masih memilih chipset Snapdragon 845 untuk Nokia 9 PureView. Agak aneh, pasalnya Snapdragon 855 sudah meluncur namun Nokia tetap memilih Snapdragon 845 untuk perangkat flagship besutannya itu.

Menurut GSMArena, Nokia sudah lama berupaya keras untuk mengoptimalkan algoritma kamera yang menggunakan semua esensi chip CPU, GPU, ISP, DSP dan sebagainya. Kala itu menggunakan Snapdragon 845. Sehingga mustahil untuk menerjemahkan karya tersebut pada Snapdragon 855 yang baru tersedia akhir tahun lalu. Jadi alasannya mungkin karena mereka terlanjur melakukan riset dan menemukan formulanya hanya pada Snapdragon 845.

Nokia 9 PureView akan tersedia hanya dalam satu warna, yakni Midnight Blue. Selain itu, dari aspek penyimpanan, Nokia 9 PureView hanya hadir dalam satu versi dengan 6 GB RAM dan 128 GB penyimpanan internal yang dapat diperluas.

Lainnya, ada layar P-OLED 5,99 inci di bagian depan dengan kemampuan HDR 10 dengan resolusi kelas unggulan 2.880 x 1.440 piksel atau QHD Plus. Balutan Gorilla Glass 5 menjaga OLED aman dari keretakan dan goresan besar. Selain itu, Nokia 9 PureView juga sudah dibekali dengan fitur ketahanan IP67 untuk air dan debu.

Nokia 9 PureView hadir sebagai smartphone Android One alias Android murni. Pada kotak penjualan, Nokia 9 PureView sudah terpasang sistem operasi Android Pie atau Android 9. Nokia 9 PureView mengemas daya baterai 3.320 mAh dengan kemampuan fast charging.

Urusan harga, Nokia 9 PureView dibanderol USD 699 atau setara dengan Rp 9,8 jutaan. Sayangnya, Nokia 9 PureView kabarnya akan diproduksi dengan unit terbatas. Tidak jelas mengapa Nokia membatasi produk Nokia 9 PureView. Namun asumsi beredar hal tersebut terkait dengan Nokia 9 PureView dengan Snapdragon 855 yang juga mungkin akan lahir.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Nokia 9 PureView Tampil di MWC 2019, Beneran Bawa Lima Kamera Utama