alexametrics

Samsung Galaxy J Akhirnya Disuntik Mati, Penggantinya A Series Terbaru

23 Maret 2019, 19:00:58 WIB

JawaPos.com – Samsung Electronics akhirnya mengamini rumor ihwal seri smartphone ekonomisnya, Galaxy J, bakal ‘disuntik mati’. Sebagai gantinya, konsumen ditawarkan varian Galaxy A yang kini punya versi ekonomis.

Sebagaimana diketahui, Samsung Galaxy A Series yang lahir pada 2014 lalu merupakan seri semi flagship yang kelasnya berada selangkah di bawah S Series. Dengan demikian, Galaxy A selama bertahun-tahun bukanlah handset murahan yang menyasar kelas low-end dan hanya bisa dibeli oleh segmen pasar menengah ke atas.

Samsung Galaxy A50
Samsung Galaxy A50 terbaru. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Ihwal Galaxy J yang menemui ‘ajalnya’ disampaikan oleh Senior Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Selvia Gofar. Usai meluncurkan line-up terbaru, yakni Galaxy A50, A30, A20, dan A10 di Jakarta, Jumat (22/3), dia menyampaikan bahwa Galaxy J tidak akan diproduksi lagi.

“Galaxy seri A akan dibawa sampai ke entry level. Kami ingin konsumen yang sebelumnya menggunakan Galaxy J naik kelas. Jadi pengguna Samsung Galaxy J bisa merasakan pengalaman yang sama dengan konsumen seri A,” jelas Selvia.

Soal Galaxy J sendiri sebelumnya dirumorkan bakalan diambil alih oleh M Series. Namun Selvia menapiskan hal tersebut. Katanya, posisi seri A berbeda dengan seri M. Makanya Galaxy J tak diambil alih oleh seri M.

“Seri M hadir untuk pengguna yang perlu baterai besar. Salah satunya M20 yang memiliki kapasitas daya 5.000 mAh. Fitur-fitur pada seri M lebih basic dari yang ada di Galaxy A. Seri A itu untuk Generasi Live yang selalu ingin menghasilkan konten-konten menarik, spontan, dan di-share ke medsos dengan kemampuan smartphone tersebut,” jelasnya.

Generasi Live sendiri merupakan tagline yang dibuat Samsung untuk seri A terbaru. Generasi Live merujuk pada kawula muda sebagai pasar mereka yang aktif di jagat maya lewat beragam kebutuhannya. Hal tersebut meliputi pembuatan konten dengan kamera, performa, dan daya tahan perangkat yang bersangkutan. Pihak Samsung mengklaim, kawula muda yang aktif di media sosial cocok menggunakan Galaxy A Series terbaru.

Namun begitu, Selvia juga mengatakan bahwa tidak semua ponsel seri A akan hadir untuk segmen Generasi Live. “Kalau yang kemarin A tetap Generasi Live tapi akan ada seri A selanjutnya nanti yang memiliki perbedaan. Setiap seri angkanya pasti ada pembedanya,” pungkasnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Samsung Galaxy J Akhirnya Disuntik Mati, Penggantinya A Series Terbaru