JawaPos Radar | Iklan Jitu

Huawei Mate 20 Series Pakai Nano Memory Card, Apa Itu?

17 Oktober 2018, 08:40:59 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Richard Yu Huawei, Nano Memory Card, Huawei Mate 20
CEO Huawei Richard Yu saat mempresentasikan soal nano memory card di perangkat Huawei Mate 20 Series. (PocketLint)
Share this

JawaPos.com - Kabar pasar smartphone global tengah hangat soal Mate 20 Series yang diluncurkan Huawei di London, Inggris, Selasa (16/10) sore. Kehadiran jajaran produk smartphone besutan brand Tiongkok itu nyatanya juga membawa hal baru, yakni sistem penyimpanan alias memory berbentuk nano memory card atau NM Card.

CEO Huawei Richard Yu mengatakan dalam presentasinya bahwa nano memory card pada Huawei Mate 20 Series merupakan teknologi terbaru. "Ini akan menjadi standar baru untuk urusan ekspansi ruang penyimpanan smartphone," ujarnya demikian.

Richard Yu menerangkan, nano memory card adalah penemuan Huawei yang menawarkan jenis penyimpanan seperti kartu MicroSD. Hanya saja dalam bentuk yang lebih kecil. "Bahkan, bentuk dan ukurannya sama seperti SIM nano, sehingga dapat digunakan dengan baki SIM ganda pada Mate 20 Series," terang Richard.

Nano Memory Card, Huawei Mate 20 Pro, Huawei Mate 20
Perangkat Huawei Mate 20 Pro. (Istimewa)

Soal nano memory card sendiri memang baru Huawei yang mengenakannya untuk perangkat smartphone. NM Card yang dibuat Huawei memang 45 persen lebih kecil dari kartu MicroSD konvensional. Namun cara kerjanya tetap sama, yakni sama-sama berfungsi sebagai ruang simpan tambahan.

Soal nano memory card di Huawei Mate 20 Series, Richard menambahkan, kartu MicroSD telah ada selama 15 tahun, sedangkan nano memory adalah hal baru. Meski begitu, alat ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang serupa dengan solusi penyimpanan MicroSD.

Soal kapasitas ruang simpan, nano memory card masih belum diketahui sanggup menyimpan data hingga seberapa besar. Namun dalam presentasi di acara peluncuran produk Huawei Mate 20 Series, nano memory card memiliki kapasitas 256 GB. Sejauh ini belum diketahui bahwa apakah akan ada ukuran penyimpanan yang lebih besar di masa depan sesuai dengan tuntutan kebutuhan
konsumen.

Soal ketersediaannya pun demikian. Belum ada kabar dari perusahaan kartu penyimpanan lain yang mungkin juga menjual memori dengan bentuk serupa. Hingga saat ini, tampaknya hanya smartphone Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro yang kompatibel dengan nano memory card. Artinya, peluncuran perangkat kartu nano memory mungkin akan dibuat sendiri oleh Huawei di kemudian hari. Atau mungkin akan dibuat vendor memori lainnya. Kita nantikan saja.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up