JawaPos Radar | Iklan Jitu

Samsung Galaxy M10 dan M20 Bakal Dijual Murah, Siap Pukul Balik Xiaomi

08 Januari 2019, 11:02:45 WIB
Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy M20 bocoran, Samsung Galaxy M20 murah
Render konsep Samsung Galaxy M20. (Gizmochina)
Share this

JawaPos.com – Samsung kabarnya bakal merilis perangkat smartphone dari seri terbarunya, Galaxy M10 dan Galaxy M20 bulan depan di India. Menariknya, kedua smartphone tersebut dijual murah dan bakalan menjadi strategi baru Samsung dalam upayanya ‘memukul’ balik dominasi Xiaomi di pasar tersebut.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman IndianExpress, Selasa (8/1), sebuah laporan terbaru dari kantor berita Indo-Asian News Service (IANS) menyebut bahwa Samsung Galaxy M10 akan dihargai sekitar INR 9.500 atau setara dengan Rp 1,9 jutaan. Sedangkan Galaxy M20 dari Samsung akan dilepas dengan harga mulai INR 15.000 atau setara dengan Rp 3 jutaan.

Selain informasi soal harga, seri baru yang diprediksi merupakan peleburan dari beberapa seri ekonomis Samsung itu juga memiliki singkatan. Penamaan Galaxy M merujuk pada kata ‘Millenials’ sebagai target pasar yang baru dari Samsung dalam upayanya menjegal vendor-vendor kompetitor dari Tiongkok di pasar India, termasuk Xiaomi yang sering kali menghadirkan smartphone murah.

Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy M20 bocoran, Samsung Galaxy M20 murah
Bocoran tampilan desain bagian depan Samsung Galaxy M20 dengan takik bergaya tetesan air atau Infinity-V. (91Mobiles)

Seri Galaxy M dipandang sebagai penantang ponsel Redmi Xiaomi di pasar yang mendominasi segmen affordable di India. Xiaomi memang diketahui saat ini telah menjadi pemain nomor satu di pasar ponsel pintar India selama beberapa kuartal terakhir dan berhasil mengalahkan raksasa Korea Selatan (Korsel) tersebut. Peluncuran global untuk seri 'M' di India juga dikatakan dapat terjadi di pasar lain setelahnya. Mungkin termasuk di Indonesia. Sebab, Xiaomi cukup mendominasi di tanah air untuk segmen smartphone murah.

Bicara persaingan, seperti juga JawaPos.com kutip dari laman EconomicTimes, menurut para ahli, Samsung yang masih merupakan pemain terintegrasi paling vertikal di pasar India telah menetapkan pandangan tegas pada tujuannya ‘menggebuk’ seri Redmi. Pasalnya, Redmi dinilai sangat sukses di segmen kisaran harga terjangkau dan menengah di India.

Mitra dan Direktur Penelitian di Counterpoint Research, Neil Shah mengatakan kepada IANS bahwa Samsung memiliki (keunggulan) akses ke teknologi layar, kamera, memori, dan konektivitas terbaru dari perspektif perangkat keras. Lebih lanjut, Samsung diprediksi dapat menikmati skala global untuk model 'M' yang akan lebih dari Xiaomi.

Menurut Shah, Samsung pasti bisa bersaing dengan baik jika memiliki proposisi nilai yang tepat dalam hal desain, spesifikasi, dan lebih banyak lagi kamera yang bisa digunakan untuk menghadapi Xiaomi.

“Samsung juga berada dalam posisi yang lebih baik di pasar offline dan jaringan layanan yang kuat. Satu-satunya jegalan dari Xiaomi adalah Xiaomi mengorbankan margin dan kompetisi penentuan harga dan menjadi tantangan yang harus dihadapi Samsung dengan model-model baru ini," kata Shah.

Masih dari laman EconomicTimes, Head Industry Intelligence Group (IIG) and CyberMedia Research (CMR), Prabhu Ram menyebut bahwa rangkaian Galaxy M terbaru dari Samsung membawa keunggulan fitur-fitur menarik. Hal ini sesuai dengan kebutuhan India sebagai pasar pertumbuhan mereka.

“Itu akan memperkuat dan membawa pertarungan (Samsung) ke Xiaomi di segmen harga ini, dan selanjutnya memperkuat kembali kepemimpinan Samsung di pasar India. Strategi produk yang berbeda akan memicu pertumbuhan Samsung lebih lanjut di India,” tandas Ram kepada IANS.

Seperti pernah kami laporkan sebelumnya, Samsung Galaxy M10 akan memiliki layar 6 inci lebih dan akan ditenagai prosesor Octa-core Samsung Exynos 7870 dengan clock speed hingga 1,6 GHz, juga dipasangkan RAM 3 GB. Sementara penyimpanan built-in akan ditawarkan pada 16 GB dan 32 GB. Laporan lain mengatakan bahwa Galaxy M10 akan memiliki kamera depan 8 MP dengan flash LED. Dimensi ponsel menurut daftar FCC adalah 156,4 x 74,5 x 8,8 mm.

Sementara untuk Samsung Galaxy M20 kemungkinan akan menampilkan layar 6,13 inci dengan gaya notch ala tetesan air yang populer dipakai vendor Tiongkok seperti Oppo dan Realme. Samsung menyebutnya sebagai Infinity-V. Di area layar mungkin ditempatkan kamera selfie 8 MP. Galaxy M20 akan ditenagai chipset Samsung Exynos 7885, namun ada kemungkinan bahwa ia bisa menggunakan Exynos 7904 yang lebih baru dengan RAM 3 GB dengan penyimpanan internal 32 GB. Kedua ponsel ini diharapkan akan didasarkan pada skin UI Experience Samsung, berdasarkan Android 8.1 Oreo.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up