JawaPos Radar | Iklan Jitu

Smartphone Terbaru: Asus Vs Xiaomi Vs Realme, Mana yang Terbaik?

06 Januari 2019, 10:56:57 WIB
Asus Zenfone Max Pro M2, Xiaomi Mi 8 Lite, Realme 2 Pro
Smartphone Terbaru: Asus Vs Xiaomi Vs Realme, Mana yang Terbaik? (Istimewa)
Share this

JawaPos.com – Mengawali 2019, usai libur panjang barang kali kamu punya sisa uang dan ingin membeli smartphone baru. Artikel ini sangat tepat untuk kamu. Seperti biasa, JawaPos.com kali ini akan mengulas produk smartphone dan membandingkannya satu sama lain. Artikel komparasi produk ini akan mengadu siapa yang paling kuat dan mana yang terbaik di antara rentang harga produk yang sama.

Pada ulasan kali ini, JawaPos.com akan membandingkan tiga produk sekaligus. Ketiga produk tersebut adalah Asus dengan Zenfone Max Pro M2, Xiaomi dengan Mi 8 Lite, dan Realme dengan Realme 2 Pro. Ketiga produk tersebut sama, yakni memiliki range harga kurang lebih di kisaran Rp 3 jutaan.

Melihat harganya, kesamaan lain juga terletak antara segmen pasar yang dituju, yakni kelas menengah ke bawah. Lantas, bagaimanakah perbandingan ketiga produk di atas? Berikut ulasannya. Adu Banteng Asus, Xiaomi, dan Realme.

Asus Zenfone Max Pro M2, Xiaomi Mi 8 Lite, Realme 2 Pro
Tabel perbadningan spesifikasi umum Asus Zenfone Max Pro M2, Xiaomi Mi 8 Lite, dan Realme 2 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dapur Pacu

Pertama, mengawali langkah yang paling krusial, JawaPos.com akan memulai dari urusan jeroan atau dapur pacunya. Sebagai permulaan, dari sektor dapur pacu atau jeroannya, ketiga produk yang kami bandingkan memiliki kesamaan. Baik Asus Zenfone Max Pro M2, Xiaomi Mi 8 Lite, maupun Realme 2 Pro, ketiganya sama-sama hadir dengan chipset besutan Qualcomm, yakni Qualcomm Snapdragon 660, octa-core 2.2 GHzOcta-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260). Berdampingan dengan perfroma CPU, Xiaomi Mi A2 dibekali dengan Andreno 512 GPU.

Pembeda di antara ketiganya adalah varian RAM dan ROM atau internal storagenya saja. Untuk Asus Zenfone Max Pro M2, perangkat tersebut hadir dengan pilihan RAM/ROM yakni 3/32 GB, 4/64 GB, dan 6/64 GB. Sementara untuk Xiaomi Mi 8 Lite, perangkat tersebut secara resmi hanya hadir dengan pilihan RAM/ROM sebesar 4/64 GB saja. Terakhir, untuk Realme 2 Pro, perangkat tersebut hadir dengan pilihan RAM/ROM, yakni 4/64 GB, 6/64 GB, dan 8/128 GB.

Dari aspek dapur pacu, ketiga produk tersebut agaknya memiliki keunggulan yang boleh dibilang sama satu dengan yang lain. Chipset Snapdragon 660 AIE seperti namanya memang sudah tergolong canggih berkat kemampuan Artificial Intelligence Engine (AIE). Jadi, untuk urusan meng-handle aspek kecerdasan buatan atau AI, ketiga produk tersebut sama-sama bisa diandalkan.

Xiaomi dan Realme menjagokan perangkatnya dengan kemampuan fotografi. Jelas, diklaim berbasis AI dan dapat meningkatkan mutu foto yang lebih baik. Sementara Asus dengan Zenfone Max Pro M2-nya lebih memilih chipset Snapdragon 660 AIE dengan menyuruhnya bekerja meng-handle kebutuhan gaming. Karenanya perangkat Zenfone Max Pro M2 disebut sebagai smartphone gaming mainstream.

Desain dan Layar

Berpindah ke perbandingan selanjutnya, yakni desain dan layar. Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan layar yang mengenakan poni atau notch. Untuk materialnya, Asus Zenfone Max Pro M2 mengemas layar bermaterial IPS LCD dengan bentang layar seluas 6,26 inci. Kemampuannya sendiri memiliki resolusi FullHD Plus 1.080 x 2.280 piksel dengan kerapatan 403 ppi. Smartphone Asus ini untuk urusan layar hadir dengan aspek rasio 19:9. Menunjang fungsi ketahanan, perangkat ini juga tampil dengan Corning Gorilla Glass 6 yang melapisi area layarnya.

Beralih meninggalkan Asus Zenfone Max Pro M2, ada perangkat Xiaomi Mi 8 Lite. Xiaomi Mi 8 Lite untuk urusan layar masih sama dengan perangkat Asus Zenfone Max Pro M2. Yakni sama-sama mengenakan notch atau poni di bagian atas layarnya yang ala iPhone X. Xiaomi Mi 8 Lite mengemas layar juga bermaterial IPS LCD dengan bentang layar seluas 6,26 inci.

Kemampuannya sendiri memiliki resolusi FullHD Plus 1.080 x 2.280 piksel dengan kerapatan 403 ppi. Smartphone Xiaomi ini untuk urusan layar hadir juga dengan aspek rasio 19:9. Namun sayangnya, jika dibandingkan dengan Asus Zenfone Max Pro M2, Xiaomi Mi 8 Lite untuk urusan ketahan layar tidak dibekali dengan fungsi ketahanan apapun.

Terakhir untuk aspek desain dan layar, ada Realme 2 Pro. Realme 2 Pro membawa desain layar yang dilengkapi dengan notch atau takik bermotif tetesan air. Realme menyebutnya dengan Dew Drop Effect yang terinspirasi dari alam. Efeknya, layar menjadi lebih lega jika dibandingkan dengan layar poni biasa. Jika dibandingkan dengan kedua produk di atas, Realme 2 Pro tampil lebih unggul dari sektor layar. Tidak mainstream dengan notch yang ala iPhone X.

Untuk layarnya, kendati memiliki perbedaan pada poninya, namun Realme 2 Pro memiliki material yang sama dengan Asus dan Xiaomi, yakni IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Ukurannya sendiri memiliki bentang 6,3 inci dengan fitmen screen-to-bodi sebesar 84 persen. Resolusinya sebesar 1.080 x 2.340 piksel dengan aspek rasio 19,5:9 (409 ppi density). Menunjang fungsi ketahanan, perangkat ini juga tampil dengan Corning Gorilla Glass 3 yang melapisi area layarnya.

Faktor lain dari segi desain, antara Asus Zenfone Max Pro M2 dengan Xiaomi 8 Lite dan Realme 2 Pro, ketiganya memiliki kesamaan dengan desain bodi berkilauan bergaya ala material kaca. Bodi berkilauan tersebut belakangan memang tengah digandrungi vendor-vendor. Alasannya konsumen katanya lebih suka dengan bodi yang mengkilap ala material kaca. Walaupun sesungguhnya adalah plastik. Ketiga produk tersebut sama-sama hadir dengan warna yang mencolok nan berani.

Kamera

Faktor selanjutnya, yang tidak kalah penting dalam pertimbangan konsumen saat ingin membeli smartphone baru adalah urusan fotografi atau kamera. Ketiga smartphone dengan harga Rp 3 jutaan yang kami bandingkan di atas sama-sama mengenakan kamera ganda untuk sektor fotografi utamanya.

Asus Zenfone Max Pro M2 dilengkapi kamera utama dengan kemampuan 12 MP (f/1.8) 1.25 mikron depth sensor dan 5 MP (f/2.4) 1.12 mikron. Beberapa fitur penting pada kamera utamanya antara lain pengambilan gambar HDR, panorama, perekaman video 2160 piksel 30fps, 1080 piksel 30fps, 720 piksel 120 fps, Electronic Image Stabilization (EIS), dan Gyro. Sementara untuk kamera selfie-nya, perangkat Asus ini dibekali dengan kemampuan 13 MP (f/2.0) 1.12 mikron. Pada bagian kamera selfie-nya, perangkat Asus ini juga diberikan LED Flash untuk berswafoto saat keadaan minim cahaya.

Bergeser ke Xiaomi dengan Mi 8 Lite. Untuk urusan kamera depan atau selfie, Mi 8 Lite hadir dengan keandalan yang lebih baik ketimbang Asus Zenfone Max Pro M2. Pasalnya, kamera depan perangkat Xiaomi ini dibekali dengan kemampuan 24 MP. Sementara untuk kamera belakangnya sama dengan Asus Zenfone Max Pro M2 yakni 12 MP (f/1.9) 1.4 mikron dual pixel PDAF dan 5 MP (f/2.0) 1.12 mikron depth sensor. Beberapa fiturnya mirip, yakni LED Flash Light, pengambilan gambar HDR, panorama, perekaman video 2160 piksel 30fps, 1080 piksel 30fps, 720 piksel 120 fps, Electronic Image Stabilization (EIS), dan Gyro.

Terakhir, untuk aspek kamera Realme 2 Pro. Realme 2 Pro mengusung dua kamera belakang yang hadir dengan ukuran 16 MP (f/1.7) 1.12 mikron dan 2 MP (f/2.8) depth sensor. Kamera utamanya memiliki kemampuan perekaman video 2160p 30fps dan 1080p 30fps. Pada bagian depan, kamera Realme 2 Pro hadir dengan ukuran 16 MP f/2.0 dengan kemampuan pengambilan gambar HDR tersedia pada perangkat ini.

Daya Baterai, Keamanan, dan Harga

Terakhir untuk perbandingan atau 'Adu Banteng' ketiga perangkat beda brand tersebut adalah daya baterai, keamanan, dan harga. Paling terasa, Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan baterai paling gambot di antara kedua rivalnya, Xiaomi Mi 8 Lite dan Realme 2 Pro. Jelas saja, Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan baterai 5000 mAh. Untuk harganya, perangkat Asus Zenfone Max Pro M2 dilepas dengan harga Rp 2,7 jutaan untuk varian RAM/ROM 3/32 GB, banderol Rp 3,1 jutaan untuk varian RAM/ROM 4/64 GB, dan Rp 3,6 jutaan untuk varian RAM/ROM 6/64 GB.

Selanjutnya, ada perangkat Xiaomi dengan Mi 8 Lite. Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan baterai berdaya 3.350 mAh saja. Jelas tak sebesar Asus. Untuk urusan kantong, perangkat Xiaomi Mi 8 Lite dilepas dengan harga Rp 3,6 jutaan. Harga segitu merupakan harga varian resmi yang masuk untuk RAM/ROM 4/64 GB.

Terakhir, untuk perangkat yang kami adu di atas ada Realme 2 Pro. Sama seperti Xiaomi Mi 8 Lite, Realme 2 Pro juga hadir dengan baterai yang tak sebesar Asus Zenfone Max Pro M2, yakni hanya berukuran 3.500 mAh, sedikit lebih besar dari Xiaomi Mi 8 Lite. Urusan kocek, untuk Realme 2 Pro, varian RAM/ROM 4/64 GB dilepas dengan harga Rp 2,8 jutaan. Kemudian varian 6/64 GB dibanderol Rp 3,2 jutaan, serta varian kelas wahid dengan 8/128 GB dihargai Rp 3,6 jutaan.

Untuk fitur keamanan, ketiga produk yang JawaPos.com jabarkan di atas memiliki kesamaan. Baik Asus Zenfone Max Pro M2, Xiaomi Mi 8 Lite, ataupun Realme 2 Pro, ketiganya sama-sama membawa fitur keamanan Face Unlock dan Fingerprint Scanner. Dua fitur keamanan standar yang wajib ada di perangkat smartphone saat ini. Oh iya, perlu diingat juga bahwa Asus Zenfone Max Pro M2 merupakan perangkat Android One alias Android murni. Untuk fitur keamanan di dalam perangkat, tentu Android murni lebih unggul lantaran berada langsung di bawah pengawasan Google sebagai empunya sistem operasi.

Bagaimana? Sudah ada gambaran soal smartphone baru awal 2019 ini yang ingin sobat Tekno JawaPos.com beli? Baik Asus, Xiaomi, dan Realme sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Solusinya, sesuaikan kebutuhan dengan budget yang kamu punya. Nantikan artikel menarik lainnya seputar teknologi dari kanal Teknologi JawaPos.com.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up