alexametrics

Apple Mac Pro Dijual Rp 85 Jutaan, RAM Sanggup Sampai 1,5 TB

4 Juni 2019, 20:43:35 WIB

JawaPos.com – Acara konferensi pengembang tahunan Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) 2019 di San Jose, California, Amerika Serikat (AS), menghadirkan produk termutakhir. Apple mengenalkan perangkat komputer desktop terbarunya, Mac Pro yang dibanderol dengan harga mulai Rp 85 jutaan.

Sebagai perangkat komputer desktop high-end dengan performa yang dikenal kelas atas, Mac Pro terbaru tentunya juga melenggang dengan kemampuan jeroan yang tidak main-main. Bayangkan, Apple Mac Pro teranyar sanggup dijejali dengan penyimpanan RAM hingga 1,5 TB.

All new Mac Pro ini menghadirkan prosesor Xeon kelas workstation hingga 28 core, sistem memori berkinerja tinggi dengan enam Channel RAM dengan total 12 slot DIMM ECC Memory pada kecepatan hingga 2933MHz berkapasitas hingga 1,5 TB yang masif. Kemudian delapan slot ekspansi PCIe dan arsitektur grafis yang menampilkan dunia kartu grafis paling kuat saat ini. Mac Pro juga memperkenalkan Apple Afterburner, kartu akselerator yang mengubah permainan yang memungkinkan pemutaran tiga aliran video 8K ProRes RAW secara bersamaan.

Apple Pro seperti sudah disinggung di atas memiliki kapabilitas pemutar film 3D, mengomposisi adegan 8K, dan membangun lingkungan 3D kompleks. Mendukung semua itu, Mac Pro dihadirkan dengan kartu grafis paling kuat di dunia dan kinerja grafis hingga 56 teraflop dalam satu sistem.

Arsitektur ekspansi grafis yang inovatif Modul MPX Apple juga memiliki fitur integrasi Thunderbolt dan daya lebih dari 500 W. Kedua fitur ini merupakan yang pertama untuk kartu grafis apa pun. Untuk penggunaan dengan kebisingan yang minim, Modul MPX didinginkan oleh sistem termal Mac Pro.

Secara singkat, MPX adalah sebuah kartu dengan lebar quad PCIe yang dilengkapi penghantar panas ukuran besar yang hadir tanpa pendingin aktif. MPX juga akan memiliki konfigurasi mulai dari AMD Radeon Pro Vega 2 hingga Radeon Pro Vega 2 Duo.

Melengkapi kehadiran komputer desktop dengan desain mirip parutan keju itu, Apple juga mengenalkan perangkat monitor penunjangnya. Monitor tersebut adalah Pro Display XDR menampilkan layar Retina 6K 32-inci besar dengan lebar P3 yang cantik dan warna 10-bit, kecerahan puncak 1.600 nits, rasio kontras 1.000.000: 1 yang luar biasa, dan sudut pandang superlebar. Bersama-sama, Mac Pro dan Pro Display XDR baru diklaim sebagai alat paling ampuh yang pernah dimiliki Apple.

Mac Pro 2019 terbaru akan dibanderol dengan harga mulai dari USD 5.999 atau sekitar Rp 85 jutaan. Sementara untuk perangkat monitor 6K ditawarkan seharga USD 4.999 atau berkisar Rp 71 jutaan. Jika berminat, keduanya akan hadir ke pasar-pasar potensial Apple di seluruh dunia antara Juli hingga September 2019 mendatang.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto