alexametrics

Baterai Sama Besar, Asus Zenfone Max Pro M2 atau Samsung Galaxy M20?

3 Maret 2019, 08:10:07 WIB

JawaPos.com – Smartphone dengan baterai besar diprediksi bakal lebih banyak meluncur ke pasaran tahun ini. Seperti sudah kami jelaskan sebelum-sebelumnya, salah satu alasan mengapa banyak vendor smartphone membesut perangkat dengan baterai besar adalah karena alasan utilitas.

Smartphone dengan baterai besar disebut-sebut akan banyak disukai konsumen karena masa pakai harian yang lebih tinggi. Alasan lain karena konsumen tak perlu repot-repot membawa perangkat catu daya tambahan semisal powerbank.

Bicara smartphone dengan baterai besar, di pasar Indonesia sudah ada dua perangkat dengan baterai besar. Keduanya sama-sama hadir untuk segmen middle-to-low alias menengah ke bawah. Dia adalah Asus Zenfone Max Pro M2 dan Samsung Galaxy M20.

Kedua smartphone tersebut sama-sama mengusung baterai sebesar 5.000 mAh. Untuk lebih jelasnya mengenai perbandingan kedua produk di atas, berikut JawaPos.com berikan ulasannya ihwal Asus Zenfone Max Pro M2 dan Samsung Galaxy M20. Siapa jadi juara?

Asus Zenfone Max Pro M2, Samsung Galaxy M20, Asus Lawan Samsung
Asus Zenfone Max Pro M2 (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dapur Pacu

Pertama, mengawali langkah yang paling krusial, JawaPos.com akan memulai dari urusan jeroan atau dapur pacunya. Sebagai permulaan, kami akan memulai lebih dahulu dari Asus Zenfone Max Pro M2. Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan sokongan System on Chip (SoC) Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm). Kemampuannya sendiri adalah Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dengan padanan grafis Adreno 512.

Dari aspek penyimpanan, Asus Zenfone Max Pro M2 di pasar Indonesia dilepas dengan pilihan RAM/ROM, yakni 4/64 GB dan 6/64 GB. Tenang, jika memori internalnya kurang, kamu bisa menambahkan penyimpanannya menggunakan MicroSD hingga 512 GB.

Beralih ke produk selanjutnya, dia adalah Samsung Galaxy M20. Dari aspek jeroan dalam hal ini prosesornya, handset teranyar Samsung yang ditugaskan mengganti peran Galaxy J, Galaxy C, dan Galaxy On itu ditopang System on Chip (SoC) Octa-core Exynos 7904 (14 nm) 1,8 GHz. Untuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy M20 hanya tersedia opsi RAM/ROM 3/32 GB saja dengan padanan grafis Mali-G71 MP2. Ruang simpannya sama dengan Asus Zenfone Max Pro M2, yakni sama-sama bisa diekspansi dengan MicroSD hingga 512 GB.

Untuk segi performa, kedua smartphone tersebut masing-masing memiliki keunggulan. Asus dari perbandingan spesifikasi menang dengan membawa chipset Snapdragon 660 AIE yang notabene lebih unggul dan lebih baru ketimbang prosesor Exynos 7904 yang dibawa Samsung Galaxy M20. Chipset Exynos 7904 sendiri diyakini hanya sekelas dengan Snapdragon 636 yang berada di bawah Snapdragon 660. Jika melihat angka clock speed 1,8 GHz dari Exynos 7904 yang ada di Galaxy M20 vs 2,2 GHz dari Snapdragon 660 pada Asus Zenfone Max Pro M2, keyakinan tersebut bisa saja benar.

Asus Zenfone Max Pro M2 dengan jeroan yang dibawanya dianggap lebih kuat untuk diajak bermain game dan menjalankan grafis karena GPU yang lebih baik dengan Adreno 512. Kendati begitu, Samsung dengan GPU Mali-G71 MP2 juga tidak bisa dianggap remeh. Intinya kalau hanya sekadar bermain game mobile populer saat ini, kedua perangkat melihat kapasitas penyimpanan harusnya sama-sama mampu menjalankannya dengan baik.

Asus Zenfone Max Pro M2, Samsung Galaxy M20, Asus Lawan Samsung
Samsung Galaxy M20 (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Layar

Aspek kedua, yang ingin kami bandingkan antara Asus Zenfone Max Pro M2 dengan Samsung Galaxy M20 adalah layar. Dari segi layar, antara Asus Zenfone Max Pro M2 dan Samsung Galaxy M20 memiliki kesamaan. Keduanya sama-sama mengusung layar bertakik. Bedanya hanya Samsung Galaxy M20 hadir lebih segar dan lebih baru dengan takik atau notch berbentuk serupa huruf ‘V’ yang disebut Samsung dengan Infinity-V.

Di awal, kami yakin bahwa desain layar Samsung Galaxy M20 menang ketimbang Asus Zenfone Max Pro M2 karena desainnya yang lebih kekinian dengan notch lebih sempit. Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 masih berkutat dengan notch ala iPhone X yang masih agak lebar.

Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan layar beresolusi FullHD Plus (2.280 x 1.080 piksel) berbentang 6,3 inci dengan 403 PPI. Material layarnya sendiri adalah IPS LCD capacitive touchscreen, 16 M colors. Secara garis besar, layarnya tajam dan terang dengan kemampuan menangkal sinar matahari yang terbilang baik seperti sudah kami ulas sebelumnya.

Dari aspek spesifikasi layar, Samsung Galaxy M20 hadir dengan bentang seluas 6,3 inci dengan material PLS TFT 16M Colors. Samsung Galaxy M20 hadir dengan aspek rasio layar 19,5:9 dengan resolusi FullHD Plus 1.080 x 2.340 piksel.

Meski dari segi desain Asus mungkin kalah dari Samsung, namun untuk urusan ketahanan kami yakin Asus Zenfone Max Pro M2 lebih baik. Pasalnya, Asus Zenfone Max Pro M2 dilepas ke konsumen dengan fitur ketahanan layar berbasis Gorilla Glass 6. Sementara Samsung Galaxy M20 melenggang tanpa perlindungan tambahan apa-apa.

Kamera

Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting dalam pertimbangan konsumen saat ingin membeli smartphone baru adalah urusan fotografi atau kamera. Kedua smartphone yang kami bandingkan, yakni Asus Zenfone Max Pro M2 dengan Samsung Galaxy M20 sama-sama mengenakan kamera ganda untuk sektor fotografi utamanya.

Dari sektor fotografi, Asus Zenfone Max Pro M2 mewarisi apa yang ditawarkan pada seri terdahulu. Smartphone ini sudah menyuguhkan fitur dual-camera belakang dengan konfigurasi 12 MP + 5 MP (depth sensor) lengkap dengan berbagai atributnya, seperti PDAF, LED flash, panorama, dan lain-lain. Sementara kamera depannya berukuran 13 MP (f/2.0).

Sensor utama pada kamera belakang smartphone ini menggunakan sensor Sony IMX486 dengan ukuran pixel1.25µm. Selain itu, sensor utama Zenfone Max Pro M2 memiliki aperture f/1.8.

Beralih ke Samsung Galaxy M20. Kamera Samsung Galaxy M20 juga dilengkapi sensor utama ganda dengan sensor 13 MP (f/1.9) dan lensa ultra wide 5 MP (f/2.2). Untuk kebutuhan swafoto, Samsung Galaxy M20 dibekali sensor kamera depan sebesar 8 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera depan ini juga bisa membantu pengguna mengabadikan foto dengan efek bokeh.

Beberapa fitur penting kamera Samsung Galaxy M20, antara lain, LED flash (di bagian depan), panorama, HDR, dan perekaman video 1.080 piksel pada 30 FPS. Kamera depan kedua smartphone di atas memiliki kemampuan yang sama, yakni bisa digunakan untuk selfie dengan sudut ultra-wide dan fitur AI.

Asus Zenfone Max Pro M2, Samsung Galaxy M20, Asus Lawan Samsung
Tabel perbandingan spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M2 vs Samsung Galaxy M20. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Baterai, Security, dan Harga

Perbandingan terakhir, yang ingin JawaPos.com tilik lebih jauh adalah dari segi baterai, fitur keamanan (security), dan apalagi kalau bukan urusan kantong. Untuk daya baterai, mengacu pada judul artikel di atas, kedua produk yang kami bandingkan sama-sama mengusung baterai gambot, besar, jumbo atau apapun penyebutannya.

Baik Asus Zenfone Max Pro M2 maupun Samsung Galaxy M20 sama-sama menggendong baterai berkapasitas 5.000 mAh dibalik kap mesinnya. Apa yang bisa dilakukan dengan baterai segitu? Banyak. Konsumen bisa melakukan beragam hal dengan kapasitas baterai segitu. Pun dengan masa pakai yang lebih panjang.

Untuk Asus Zenfone Max Pro M2 sudah kami lakukan pengujian. Berbekal baterai sebesar itu, perangkat mampu bertahan hingga 2-3 hari pada penggunaan normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

Namun jika digunakan full untuk bekerja, menjalankan banyak aplikasi chatting, sosial media, tethering hotspot, bermain game, menonton video, dan mendengar musik, Asus Zenfone Max Pro M2 sanggup bertahan seharian penuh. Dari pagi hingga malam dayanya tidak habis. Hal tersebut agaknya berlaku pula untuk Samsung Galaxy M20 dengan baterai yang dibawanya.

Sementara untuk fitur keamanan, Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan fingerprint scanner di bagian belakang dan face unlock yang terintegrasi dengan kamera depan.

Oh iya, kami hampir lupa. Asus Zenfone Max Pro M2 terlahir sebagai perangkat Android One. Asus tentunya bekerja sama dengan Google selaku siempunya OS sehingga sudah pasti mendapat keistimewaan. Salah satu keistimewaan yang penting adalah fitur keamanan Google Play Protect built-in.

Dengan aspek keamanan tersebut, banyak pihak mengatakan bahwa Android One menjadi salah satu perangkat paling aman. Google Play Protect aktif memindai dan memverifikasi lebih dari 50 miliar aplikasi per hari. Dengan machine learning, Google dapat secara dinamis mencegah virus dan malware.

Samsung Galaxy M20 juga menyediakan fitur keamanan penting seperti face unlock untuk membuka smartphone dengan sensor pembaca wajah dan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat.

Terakhir urusan kantong. Asus Zenfone Max Pro M2 saat ini dijual dengan harga Rp 3,7 jutaan untuk varian RAM/ROM 6/64 GB dan banderol Rp 3,1 jutaan untuk varian RAM/ROM 4/64 GB. Sementara Samsung Galaxy M20 yang resmi hadir di Indonesia awal Februari itu dibanderol Rp 2,7 jutaan untuk penyimpanan RAM/ROM 3/32 GB saja.

Melihat komparasi di atas, sudah ada gambaran soal siapa yang bakal memenangkan persaingan pasar? Pilih Samsung atau Asus? Jawabannya ada pada kamu ya. Tentunya sesuaikan lebih dulu dengan kebutuhan kamu berdasarkan perbandingan tersebut. Untuk ulasan lebih jauh tentang Galaxy M20 dari Samsung, tetap nantikan di kanal Teknologi, JawaPos.com.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Baterai Sama Besar, Asus Zenfone Max Pro M2 atau Samsung Galaxy M20?