alexametrics
JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tak Pakai Antena Lagi, KUGO Digital Permudah Akses TV Nasional

27 Desember 2018, 19:02:35 WIB
tv satelit, ninmedia, kugo digital, aplikasi tv,
Ilustrasi perpindahan menonton televisi lewat aplikasi di ponsel pintar. (PCMag UK)
Share this

JawaPos.com - Harus diakui, ada beberapa masyarakat daerah masih kesulitan mengakses program televisi nasional atau berita karena terbatasnya sinyal. Untuk mendapatkan frekuensi tv, tak jarang mereka harus menggunakan tiang bambu hingga belasan meter.

Melihat kebutuhan akan pemerataan informasi nasional, kini masyarakat bisa mengakses televisi nasional lewat aplikasi KUGO Digital. Aplikasi KUGO digital masih menjadi bagian dari kampanye Ninmedia dalam menyambut transformasi dan penerapan teknologi digital di Indonesia.

Nantinya, aplikasi ini bisa diakses pada perangkat digital handphone atau laptop untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengakses informasi dari Ninmedia seperti channel GPR TV. Sehingga masyarakat yang selama ini menggunakan tiang bambu setinggi 15 meter sebagai penyangga antena UHF, bisa beralih lewat aplikasi KUGO digital.

tv satelit, ninmedia, kugo digital, aplikasi tv,
Tutorial aplikasi KUGO Digital (Istimewa)

"Banyak pelanggan yang melihat Ninmedia sebagai titik cerah karena sebelum adanya Ninmedia, mereka harus mengakali banyak hal untuk bisa menangkap sinyal UHF dan bisa nonton channel TV nasional," kata Rifki Sujudi, Business Development Manager Ninmedia, yang dikutip oleh JawaPos.com, Kamis (27/12).

Platform TV satelit Ninmedia dan aplikasi KUGO ini sepenuhnya didukung oleh Kemenkominfo sebagai bagian dari upaya dalam mewujudkan pemerataan informasi. Bagi pemerintah sendiri, kebijakan terkait informasi digital merupakan aspek penting dalam memaksimalkan perkembangan industri secara sehat.

“Fokus dari kampanye Indonesia KUGO digital tidak hanya untuk mendukung masyarakat Indonesia dalam era digital ini tetapi juga mendukung upaya pemerintah dalam rangka pemerataan akses informasi," kata Rahadi Arsyad, President Director Ninmedia.

Ia juga mengatakan tahun 2025 diprediksi para pengguna perangkat digital akan menguasai pasar. Sehingga Ninmedia sebagai satu-satunya layanan siaran TV satelit FTA (free to air) dengan frekuensi KU Band di Indonesia, berupaya sejak dini menyediakan kelengkapan layanan pada perangkat digital lainnya melalui aplikasi KUGO. 

Keunggulan dari aplikasi KUGO sendiri antara lain adalah akses gratis terhadap siaran premium dan nonton streaming secara gratis dimana keduanya merupakan fasilitas yang paling banyak dicari dan digunakan oleh generasi millennial saat ini.

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter      : (Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini