JawaPos Radar | Iklan Jitu

WhatsApp Bakal Punya Fitur Baru, dari Mode Liburan hingga Tautan Akun

24 Oktober 2018, 09:03:17 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
WhatsApp, WhatsApp Fitur Baru, WhatsApp Mode Liburan
Ilustrasi: WhatsApp di smartphone. WhatsApp Bakal Punya Fitur Baru, dari Mode Liburan hingga Tautan Akun (Express)
Share this

JawaPos.com – Platform instan messaging WhatsApp bakalan memiliki sejumlah fitur baru. Fitur-fitur dimaksud adalah beragam mode hingga tautan akun guna menambah kenyamanan pengguna.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman WABetaInfo, Rabu (24/10), fitur baru yang sedang dikembangkan oleh WhatsApp adalah Vacation Mode, Silent Mode, Work Mode, dan tautan ke akun lain.

Beberapa mode baru di atas dimaksudkan untuk memberikan kebebasan bagi pengguna WhatsApp untuk menentukan pesan mana yang ingin mereka terima. Lebih jauh, yakni ketika pengguna benar-benar tidak ingin diganggu kala sedang bekerja atau berlibur.

WhatsApp, WhatsApp Fitur Baru, WhatsApp Mode Liburan
Fitur Vacation Mode WhatsApp (kiri) dan Fitur Tautan Akun WhatsApp dengan layanan lain seperti Instagram. (WABetaInfo)

Untuk Mode Vacation atau Mode Liburan, ketika pengguna menerima obrolan, WhatsApp akan secara otomatis akan membatalkan sementara obrolan yang masuk. Artinya, dengan fitur tersebut, pengguna tidak akan mendapati pesan masuk yang dianggap ‘mengganggu’ ketika mereka sedang berlibur. Namun begitu, pesan tersebut tidak akan hilang. Pesan tetap masuk dan terlihat ketika user membuka atau mengakhiri Mode Liburan di WhastApp mereka.

Seperti disebutkan di atas, opsi ini akan tersedia di Pengaturan WhatsApp (untuk iOS, Android, dan Windows Phone di masa mendatang). Fitur ini disebut sangat dibutuhkan pengguna. Pengguna WhatsApp nantinya dapat pula menggunakan opsi ini untuk grup yang sengaja diredam (silent).

Selain itu, Mode Liburan juga berguna jika pengguna tidak ingin obrolan tertentu hadir didaftar obrolan mereka. Jika user menonaktifkan dan mengarsipkannya, maka user tidak akan pernah melihatnya lagi. Kecuali jika user menghendaki untuk melihat obrolan yang diarsipkan.

Mode Liburan dan Mode Bekerja sebenarnya didasarkan pada Mode Diam atau Silent Mode. Pada dasarnya mode ini akan menyembunyikan badge atau tanda nomor untuk obrolan yang tidak ingin dilihat, dihapus, atau disembunyikan pengguna. Ini berarti jumlah badge atau tanda hanya akan ditampilkan untuk pesan yang ingin dilihat.

Fitur ini telah tersedia di Android. Sayangnya menurut lamam tersebut, pengguna iOS masih belum dapat menerima pembaruan. Meskipun begitu, tampaknya WhatsApp akan segera merilis fitur tersebut untuk pengguna iOS dalam beberapa waktu ke depan.

Pembaruan selanjutnya setelah beberapa Mode yang disinggung di atas adalah fitur Tautan Akun. Dengan fitur terbaru ini, WhatsApp mungkin ditautkan dengan layanan lain seperti Instagram dan Facebook. Fitur ini muncul terutama dikembangkan untuk WhatsApp Business, tetapi beberapa referensi ditemukan di aplikasi WhatsApp normal juga. Opsi Akun Tertaut akan ditempatkan di bawah Pengaturan Profil pengguna.

Saat ini, layanan eksternal yang didukung pertama adalah Instagram. Caranya adalah dengan mengetuk Instagram setelah memasukkan kredensial user. Akun WhatsApp lalu akan terhubung ke profil Instagram secara otomatis.

Tujuan dari fitur tautan ini sebenarnya tidak diketahui, tetapi beberapa waktu lalu beredar kabar di Twitter bahwa fitur Akun Tertaut akan membantu pengguna memulihkan kata sandi. Ini akan memungkinkan untuk secara otomatis membagikan pembaruan status user di Instagram (yang sangat berguna untuk Bisnis).

Selain fitur Silent Mode, fitur Vacation, Work Mode, dan fitur Akun Tertaut masih belum tersedia untuk pengguna WhatsApp lintas sistem operasi (OS). Belum dirilisnya fitur tersebut dikarenakan masih dalam tahap pengembangan dan akan dilepas ke pengguna kemungkinan dalam waktu dekat.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up