JawaPos Radar | Iklan Jitu

Path Resmi Tutup Layanan Secara Bertahap, Pengguna Bisa Backup Data

19 September 2018, 09:51:35 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Path, Path resmi tutup, path
Path resmi tutup layanan. (Screenshot/Rian Alfianto)
Share this

JawaPos.com – Kabar menyedihkan benar-benar menimpa Path. Path dalam situs resmi maupun lewat aplikasinya telah benar-benar mengumumkan kepergian mereka dalam waktu dekat ini dan untuk selamanya.

“Dengan penuh penyesalan kami mengumumkan bahwa kami akan berhenti menyediakan layanan yang kami cintai, Path. Kami memulai Path pada tahun 2010 sebagai tim kecil yang terdiri dari para desainer dan insinyur yang bersemangat dan berpengalaman,” ujar pihak Path dalam pernyataan resmi di situsnya.

“Selama bertahun-tahun kami telah mencoba untuk menetapkan misi kami melalui teknologi dan desain kami yang bertujuan untuk menjadi sumber kebahagiaan, makna, dan koneksi ke pengguna kami,” imbuh pernyaatan tersebut.

Path, Path resmi tutup, path
Mengunduh data cadangan user di Path. (Screenshot/Rian Alfianto)

Sepanjang perjalanan pihak Path mengaku telah tertawa dan menangis bersama pengguna dan mendapat pelajaran berharga. Kini Path memutuskan untuk mengakhiri layanannya. “Ini merupakan perjalanan yang panjang dan kami dengan tulus berterima kasih kepada Anda masing-masing atas cinta dan dukungan Anda bertahun-tahun untuk Path,” pungkas pernyataan Path.

Kendati begitu, sebelum Path benar-benar menghentikan layanannya, sosial media rintisan Dave Morin itu masih memberikan tenggat waktu untuk user-nya mendownload data yang telah mereka bagikan ke Path selama beberapa waktu belakangan.

Adapun jadwal shutdown spesifik adalah sebagai berikut: 17 September 2018 akan dimulai dengan pemberitahuan tentang penghentian layanan Path. Selanjutnya 1 Oktober 2018 user tidak dapat lagi mengunduh atau memperbarui aplikasi di iTunes dan Google Play.

Kemudian 18 Oktober 2018 akan dilakukan penghentian layanan (tidak dapat mengakses ke Path). Terakhir, 15 November 2018 seluruh layanan pelanggan terkait Path akan benar-benar ditutup.

Sementara terkait dengan file user yang ingin di-backup, Path memberikan tenggat waktu sebelum 18 Oktober 2018. Cara user mencadangkan file mereka pun telah disosialisasikan dengan baik oleh Path baik lewat aplikasi maupun lewat situs mereka.

Sejak 17 September kemarin, ketika user membuka aplikasi atau situs Path, user akan langsung menemukan pemberitahuan penting di beranda mereka. pemberitahuan tersebut berisi kolom yang dapat diklik dengan tulisan ‘Click here to backup your files’.

Jika sudah diklik, Path akan meminta alamat email user untuk kemudian mengirimkan tautan berisi file backup seluruh momen yang telah dibagikan user untuk kemudian dapat diunduh. Namun begitu, untuk dapat mengunduh file di momen Path yang telah dibagikan, pastikan user telah memperbarui versi Path untuk terakhir kalinya.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up