JawaPos Radar | Iklan Jitu

Platform Musik Legendaris Winamp Siap Hadir Lagi, Apa yang Baru?

16 Oktober 2018, 19:21:26 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Winamp, Winamp Hadir Lagi, Winamp Versi Baru
Logo Winamp. (Lifewire)
Share this

JawaPos.com - Masih ingat dengan aplikasi pemutar musik legendaris, Winamp? Jika iya, atau kamu termasuk yang masih menggunakan, kamu boleh berbangga. Pasalnya, Winamp yang boleh dibilang kalah tergerus zaman lantaran tumbuhnya layanan pemutar musik berbasis streaming bakalan kembali tahun depan.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman CNet, Selasa (16/10), soal kembali siapnya Winamp menemani penggunanya diungkap oleh CEO Radionomy Alexandre Saboundjian. Radionomy adalah perusahaan yang memiliki Winamp saat ini.

"Akan ada versi yang benar-benar baru tahun depan dengan warisan Winamp tetapi pengalaman mendengarkan yang lebih lengkap," ujar Saboundjian dalam keterangannya kala mengungkapkan 'kelahiran kembali' pemutar musik berusia 21 tahun itu.

Winamp, Winamp Hadir Lagi, Winamp Versi Baru
Ilustrasi: Tampilan Winamp. (SarahTew/CNet)

Lebih jauh, Saboundjian juga mengungkapkan soal Winamp yang akan memiliki fitur lebih terkini agar dapat bersaing dengan platform sejenis lainnya. "Anda dapat mendengarkan MP3 yang mungkin Anda miliki di rumah, bisa juga ke cloud, ke podcast, streaming stasiun radio, hingga daftar putar yang mungkin telah Anda buat," imbuh Saboundjian.

Versi baru dari Winamp dilaporkan akan datang ke iOS dan Android. Meskipun sebelumnya Winamp sudah hadir di aplikasi Android, tetapi versi baru ini diklaim bakal menjanjikan pengalaman yang berbeda. Selain itu, ada juga versi desktop Winamp baru, Winamp 6, yang akan melenggang tahun depan.

Meskipun pemain yang sudah tua ini mungkin telah jatuh dari popularitas yang pernah ada, namun laman Techcrunch melaporkan bahwa masih ada sebanyak 100 juta pengguna aktif bulanan yang masih menggunakan Winamp hingga saat ini. Adapun sebagian besar pengguna dimaksud berada di luar Amerika Serikat (AS).

Sekadar informasi, Winamp pertama kali diperkenalkan pada 1997 lalu. Winamp yang merupakan software music player bikinan perusahaan kecil bernama Nullsoft ini banyak digunakan oleh pengguna sistem operasi Windows kala itu. Winamp terkenal karena keunikannya yang dapat dikustomisasi tampilannya sesuai keinginan pengguna.

Kemudian, Winamp mulai turun popularitasnya mana kala layanan music dan video berbasis streaming mulai bermunculan. Winamp benar-benar 'mati suri' dengan terakhir kali di-update pada tahun 2013 dan diakuisisi Radionomy tahun 2014 lalu. Namun, tahun depan disebut bakalan menjadi saksi baru bagi Winamp.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up