alexametrics

Kurang Populer, IGTV akan Nangkring di Timeline Instagram

12 Februari 2019, 12:13:36 WIB

JawaPos.com – Instagram TV atau IGTV dinilai kurang sukses. Oleh karenanya, Instagram akan memasukkan IGTV ke timeline atau feed pengguna dalam bentuk preview singkat.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman Variety via GSMArena, Selasa (12/2), Instagram menyadari tidak banyak orang yang peduli dengan fitur IGTV-nya. Secara alami, perusahaan memutuskan untuk menempatkan video secara langsung di timeline pengguna.

Mulai Kamis (14/2) lusa, pengguna Instagram bakalan melihat video IGTV dari orang yang mereka ikuti muncul langsung di timeline utama mereka. Ini akan muncul sebagai posting biasa tetapi akan memiliki tag untuk membedakannya. Pengguna hanya akan melihat video dari orang yang mereka ikuti dan bukan selebritas acak seperti yang saat ini berlaku di platform IGTV.

Instagram, IGTV, Instagram IGTV
Contoh tampilan IGTV. (GSMArena)

Seperti kami pernah beritakan sebelumnya, IGTV adalah fitur video bentuk panjang yang diperkenalkan Instagram sebagai aplikasi mandiri atau stand alone tahun lalu. IGTV memungkinkan pengguna untuk merekam video yang jauh lebih lama daripada video yang muncul di timeline atau stories pengguna yang umumnya 30-60 detik.

IGTV bahkan diklaim sebagai penantang YouTube. Instagram berhasil mengumpulkan banyak pengguna internet dan selebriti dunia untuk membuat beberapa video di platform IGTV. Sejak itu, sayangnya satu persatu pengguna IGTV mulai berkurang.

Awalnya, IGTV dapat diakses dari tombol oranye di pojok kanan atas tab Beranda Instagram. Namun karena tidak ada yang mengkliknya, saat itulah video mulai muncul sebagai thumbnail kecil di bagian atas ‘Explore’. Tampaknya, tidak ada yang mengkliknya juga, jadi video ini muncul langsung di bagian Explore, dicampur dengan video lain dan memutar otomatis setiap kali pengguna menggulir tab Explore mereka.

Meski begitu, IGTV masih sepi pengunjung setelah serangkaian upaya mereka mendorong awareness IGTV ke pengguna. Sejak saat itulah Instagram akhirnya memiliki rencana untuk memasang IGTV langsung ke timeline pengguna.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Kurang Populer, IGTV akan Nangkring di Timeline Instagram