JawaPos Radar

Inspigo, Aplikasi Keren untuk Inspirasi Kaum Milenial

11/09/2018, 08:52 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Inspigo, Inspigo podcast, Inspigo aplikasi
Ilustrasi: Inspigo (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Inspirasi memang gampang-gampang susah. Bisa datang dari berbagai arah. Ada yang secara tiba-tiba tanpa berpikir, tidak sedikit pula yang harus mencarinya lebih dulu.

Namun, era teknologi digital saat ini rupanya benar-benar semakin memanjakan aktivitas manusia. Termasuk dalam menemukan inspirasi. Berbagai cerita inspirasi kini mudah didapat hanya dengan sebuah aplikasi smartphone.

Ya, dialah Inspigo atau Inspiration On the Go. Inspigo merupakan sebuah media berbentuk aplikasi yang menyediakan konten audio podcast. Konten yang disajikan Inspigo ini ada berbagai topik seputar skills dan knowledge yang bisa menginspirasi pendengarnya.

Yoris Sebastian, Inspigo podcast, Yoris Sebastian inspigo
Salah seorang pendiri Inspigo Yoris Sebastian. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Salah seorang pendiri Inspigo Yoris Sebastian mengatakan, Inspigo menyediakan konten positif yang berguna bagi pengembangan diri seluruh generasi milenial di Indonesia. "Sehingga diharapkan bisa memberi inspirasi kepada para pendengar hingga ke pelosaok daerah," katanya kepada JawaPos.com saat peluncuran Inspigo di Jakarta belum lama ini.

Mengapa Podcast?

Yoris menerangkan, Podcast sangat memiliki peluang untuk berkembang di Indonesia. Hal ini karena konten audio podcast fleksibel, dapat didengar kapan saja dan di mana saja.

"Memang saat ini Podcast di Indonesia belum terlalu populer seperti di luar (negeri). Namun ke depannya, media podcast ini sangat berpeluang besar untuk bisa populer," terangnya.

"Apalagi kondisi sejumlah kota besar di Indonesia sering kali dilanda kemacetan. Dalam hal ini Podcast bisa menjadi jawaban. Artinya bisa menjadi teman macet di jalan. Sambil macet, sambil dengerin Podcast maka kita bisa mendapat pengetahuan, ide, maupun inspirasi," sambungnya sambil tersenyum.

Selain itu, audio podcast juga lebih hemat kuota internet. Hal ini sangat membantu bagi pendengar di pulau-pulau yang belum mendapat akses internet cepat. Kapasitas audio konten Inspigo disebut tidak besar, sehingga internet di daerah yang masih lemot pun masih bisa mendengarkan Inspigo.

"Ini juga menjadi konsen kami agar anak-anak muda di pulau-pulau pinggiran bisa tetap mendapat inspirasi dari orang-orang hebat," katanya.

Inspigo menghadirkan beragam topik yang bisa didengarkan dan disesuaikan dengan skills yang dibutuhkan para pekerja milennial. Berbagai kategori seperti Leadership, Self Improvement, Career Development, Lifestyle, Health & Fitness, Entrepreneurship, hingga Music Interview dapat ditemukan di Inspigo.

Konten Inspigo dikemas dalam bentuk talkshow antara host (Inspihost) dan narasumber (Inspiguest). Inspigo juga mengkurasi para pembicara yang terdiri dari public figure, kalangan profesional, artis, atlet, penulis buku, enterpreneur, dan narasumber lain yang inspiratif serta mempunyai kredibilitas mumpuni.

Saat ini Inspigo telah melakukan wawancara dengan narasumber. Beberapa di antaranya, Wishnutama (People Management), Najwa Shihab (Judgement & Decision Making), Ernest Prakasa (Cognitive Flexibility), William Tanuwijaya (Complex Problem Solving), Addie MS (Coordinating with Others), dan masih banyak lagi.

Startup ini didirikan oleh Tyo Guritno, Yoris Sebastian, dan Eva Ditasari. Aplikasi Inspigo pertama kali meluncur versi beta pada Oktober 2017. Sejak April 2018, Inspigo resmi diluncurkan ke publik. Saat ini Inspigo tersedia di App Store untuk pengguna iOS dan Play Store bagi pengguna Android.

(fab/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up