alexametrics

Snapchat Android Dirancang Ulang, Janjikan Banyak Perbaikan

10 April 2019, 17:03:17 WIB

JawaPos.com – Snapchat, aplikasi yang familiar dengan konten berbagi video singkat mendapatkan pemugaran. Perancangan ulang Snapchat ini spesifik untuk platform Android dan menjanjikan banyak perbaikan.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari DigitalTrends, Rabu (10/4), banyak pengguna Snapchat di platform Android mengeluhkan performa media sosial itu. Alasan kinerja yang lambat dan banyak bug menyebabkan pengguna frustrasi dan memilih hengkang dari platform tersebut.

Namun, hal itu kini sudah terjawab setelah Snap Inc mengumumkan pada Senin (8/4) kemarin terkait peluncuran aplikasinya yang diperbarui untuk Android. Sebelumnya Snapchat berulang kali mencoba memperbaiki versi aplikasi Android dengan banyak pembaruan. Namun tim pengembang Snapchat akhirnya menyadari bahwa masalah mendasar hanya dapat diselesaikan dengan membangun kembali perangkat lunak sepenuhnya.

Peluncuran aplikasi Android yang dibangun kembali datang beberapa hari setelah Snapchat mengumumkan sejumlah kemitraan dengan perusahaan lain untuk menggabungkan fitur Snapchat. Beberapa fitur terbaru itu seperti Stories, fungsi kamera baru, game pertamanya yang disebut Bitmoji Party, dan teknologi augmented reality (AR).

Antarmuka pengguna sebagian besar tetap sama, namun pengalaman menggunakan Snapchat sekarang diklaim akan jauh lebih menyenangkan. Dimulai dengan pembukaan aplikasi 20 persen lebih cepat daripada versi yang lama. Kontrol gerakan juga dikatakan lebih lancar dan waktu pemuatan yang lebih cepat dengan berbagai fitur Snapchat baru juga disebut bakal membuat pengguna betah.

Tim pengembang Snap mengatakan kepada Android Police bahwa salah satu tantangan utama bukan hanya handset terbaru dan paling canggih, namun juga membangun aplikasi agar berjalan dengan lancar di sebagian besar perangkat Android. Sejumlah besar perangkat Android yang berbeda menjadikan ini tugas yang kompleks, meskipun mereka percaya bahwa lebih dari setahun bekerja pada proyek ini akhirnya terbayar.

“Tujuan ideal kami adalah agar orang tidak benar-benar memperhatikan bahwa aplikasi ini sepenuhnya berubah dari bawahnya, kecuali semuanya harus lebih cepat,” kata eksekutif Snapchat Jacob Andreou.

Perusahaan yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), itu berharap aplikasi Android baru akan menarik pengguna baru karena mereka tengah berusaha untuk meningkatkan bisnisnya pada 2019. Angka perusahaan yang dirilis awal tahun ini mengungkapkan aplikasi memiliki 186 juta pengguna setiap hari selama tiga bulan terakhir pada 2018.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto