YouTube Kids, Platform Video Ramah Anak Resmi Dirilis

07/09/2018, 15:14 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Tampilan penuh warna dari YouTube Kids. (Istimewa/YouTube)
Share this image

JawaPos.com - YouTube Kids resmi meluncur di Indonesia. Platform video tersebut menyediakan kumpulan konten menarik dari seluruh dunia. YouTube Kids ditujukan untuk keluarga dan dipastikan menjadi platform yang ramah bagi anak.

Dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com, Jumat (7/9), pihak YouTube mengklaim bahwa YouTube Kids telah diluncurkan di lebih dari 37 negara, serta ditonton lebih dari 70 miliar kali. Selain itu Youtube Kids juga memiliki lebih dari 11 juta penonton aktif mingguan, hingga puluhan juta unduhan.

Head of Kids and Learning Partnerships, YouTube Asia Pacific Don Anderson mengatakan, prioritas utama YouTube adalah memberikan pengalaman terbaik bagi keluarga dan anak-anak untuk mengakses kekayaan konten ramah keluarga.

Ilustrasi: Pendampingan orang tua dalam mengawasi tayangan anak lewat gadget. (PositiveParenting)

“Sebagai orang tua, saya juga ingin tahu bahwa saya memiliki alat untuk membantu mengelola pengalaman keluarga saya. YouTube Kids memberi orang tua kontrol untuk memberikan pengalaman yang sesuai untuk anak-anak mereka mengeksplorasi keingintahuan mereka yang tak ada habisnya dan belajar tentang topik-topik yang baru,” terangnya.

Menurut Anderson, sejak pertama kali YouTube Kids diperkenalkan pada 2015, tim YouTube Kids telah bekerja keras menambahkan fitur untuk orang tua dan anak-anak. Kemudian tim YouTube Kids meningkatkan layanan berdasarkan masukan dari masyaraktat.

“Sebuah pengalaman dan aplikasi yang kami banggakan dan yang kami percaya dapat memberi anak-anak kesempatan untuk mengeksplorasi keingintahuan mereka yang tak ada habisnya, belajar tentang topik baru, dan terhibur,” tutur Anderson.

Adapun beberapa fitur utama yang membuat YouTube Kids menjadi lebih menyenangkan, di antaranya, desain yang cerah dan menyenangkan. YouTube Kids kini memiliki lebih banyak warna dan karakter yang menjadi contoh keajaiban YouTube. Mulai dari botol air, sandal pria hingga karakter roti bakar. Anak-anak kini juga dapat menemukan lebih banyak karakter yang disukai dalam aplikasi.

Kemudian fitur lainnya adalah konten yang berfokus pada keluarga. Aplikasi YouTube Kids kini dikatakan menjadi versi YouTube yang lebih ramah keluarga. Bisa menjadi tempat bagi anak-anak untuk mengeksplorasi imajinasi dan keingintahuan mereka. Misalnya mencari video yang menarik bagi keluarga seperti mengapa penguin berlenggang-lenggok di National Geographic Kids, atau tonton video favorit dari Kastari Sentra dan Keira Charma.

Fitur terakhir yang paling penting adalah fitur pengawasan orang tua. Kini YouTube memiliki opsi ke dalam aplikasi yang membantu user dalam hal ini orang tua untuk mengontrol pengalaman bagi anak-anak dan menempatkan orang tua di kursi kemudi. Dalam fitur pengawasan orang tua, user akan dapat menemukan mode Cari Aktif dan Nonaktif, Profil Anak, Kustomisasi Kode, dan Timer untuk pembatasan waktu.

Aplikasi YouTube Kids ini dapat diunduh gratis untuk pengguna Android lewat Google Play dan pengguna perangkat Apple lewat App Store.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi