alexametrics

Microsoft Excel Android Kini Bisa Ubah Dokumen Kertas ke Digital

4 Maret 2019, 15:56:32 WIB

JawaPos.com – Microsoft baru-baru ini meluncurkan sejumlah pembaruan besar untuk produk-produknya. Termasuk fitur baru yang sangat berguna untuk pengguna Excel di Android.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari TheVerge, Senin (4/3), pengguna aplikasi Excel di Android kini dapat mengambil foto dari tabel data pada cetakan kertas, kemudian mengubahnya menjadi spreadsheet digital yang dapat diedit.

Microsoft Excel Android, Excel Dokumen ke Digital, Ubah Dokumen ke Digital
Fitur baru dari Microsoft untuk Aplikasi Excel Android. (TheVerge)

Fitur ini tentu menarik bagi kamu pelajar atau pekerja kantoran yang kerap bergelut dengan tabulasi dan angka-angka di Excel. Pengguna bisa dengan mudah menerjemahkan pekerjaan angka-angka yang masih berada dalam bentuk fisik, seperti pada kertas ke dalam file digital lewat fitur yang dikenal sebagai text recognition itu.

Dengan fitur tersebut, kamu tidak lagi perlu menyalin data dari file fisik dengan cara manual lewat pengetikan yang memakan waktu. Cukup scan foto file tabulasi Excel yang berada di kertas dan kamu dapat mengubahnya menjadi file digital di Excel Android.

Fitur impor baru menggunakan teknologi pengenalan gambar untuk mengidentifikasi semua informasi pada halaman kertas, kemudian mengubahnya menjadi spreadsheet Excel di aplikasi. Fitur yang diberi label dalam aplikasi sebagai “sisipkan data dari gambar” ini dapat melakukan konversi dari analog ke digital dengan satu ketukan.

Microsoft pertama kali melayangkan ide untuk alat ini tahun lalu sebelum tersedia secara luas dalam pembaruan terbaru untuk aplikasi Android. Ini juga sebagai langkah awal dalam upaya berkelanjutan perusahaan untuk memasukkan lebih banyak model machine learning ke dalam produknya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Microsoft Excel Android Kini Bisa Ubah Dokumen Kertas ke Digital