Google Assistant Makin Pintar, Kini Paham Dua Bahasa Sekaligus

03/09/2018, 15:10 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Penggunaan asisten pintar, Google Asssistant. (CNet)
Share this image

JawaPos.com - Google mengumumkan fitur baru dari Google Assistant. Asisten pintar Google itu kini dapat memahami percakapan penggunanya dengan dua bahasa sekaligus. Hal tersebut menjadikan raksasa mesin pencari ini sebagai pemilik voice assistant pertama yang bisa memahami percakapan dalam mode dwibahasa.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Mirror, Senin (3/9), asisten suara pintar bikinan Google yang memungkinkan mendengar dua bahasa ini dapat ditemukan di smartphone ataupun speaker pintar. Adanya fitur baru tersebut jelas bisa membantu bagi keluarga ataupun ketika menemukan lingkungan yang menggunakan dua bahasa sekaligus.

Wakil Presiden Produk di Asisten Google Manuel Bronstein mengatakan, dengan kemajuan Google dalam pengenalan suara, user sekarang dapat berbicara dua bahasa bergantian dengan Google Assistant di speaker pintar dan smartphone. Kemudian asisten suara Google akan merespons dalam bentuk yang sama.

Ilustrasi: Interaksi manusia dengan produk asisten pintar. (Recode)

"Ini adalah fitur pertama yang ada pada platform asisten suara pintar dan menjadi bagian dari program priorotas kami. Tujuannya tidak lain supaya membuat percakapan user dengan Google Assistant menajadi lebih alami,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Misalnya, lanjut Bronstein, jika user mencari jawaban dalam bahasa Inggris, tanyakan, “Hai Google, bagaimana cuaca hari ini? Atau jika user menginginkan lagu dari band hip hop Jerman favorit, cukup tanyakan, Hai Google, spiele die Fantastischen Vier," katanya menjelaskan.

Saat ini, Asisten Google dapat memahami bahasa apapun dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, dan Jepang. Namun Bronstein menambahkan bahwa pihaknya akan memperluas ke lebih banyak bahasa dalam beberapa bulan mendatang. Di dalamnya termasuk kemungkinan bahasa Indonesia.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi