Aplikasi Wajib bagi Yang Sering Keluar Kantor

02/09/2018, 10:01 WIB | Editor: Ilham Safutra
Ilustrasi: aplikasi untuk me-remote dekstop dari jauh. (Pixabay.com)
Share this image

Pekerjaan Anda mengharuskan sering keluar kantor? Mungkin aplikasi remote desktop akan mempermudah pekerjaan. Dengan remote desktop, Anda bisa mengontrol komputer atau laptop yang sedang tidak bersama Anda melalui ponsel. Berikut pilihan remote desktop yang selama ini digunakan penulis.

Gunawan Sutanto, Jurnalis Jawa Pos Penghobi TI

---

Team Viewer

APLIKASI ini memiliki fungsi yang sama dengan Chrome Remote Desktop. Untuk menggunakannya, aplikasi ini harus diinstal di komputer dan ponsel. Aplikasi komputernya bisa diunduh di teamviewer.com/id/download. Saat aplikasi dijalankan, akan muncul user dan password. User dan password itu yang dibutuhkan untuk registrasi di ponsel.

Sekarang silakan instal Team Viewer di smartphone. Setelah itu, masukkan user Team Viewer yang tadi ada di komputer. Tekan tombol ''Remote Control''. Masukkan PIN. Kalau user dan password benar, ponsel dan komputer Anda sudah langsung tersambung.

Penulis sudah hampir empat tahun menggunakan aplikasi ini. Kekurangan aplikasi ini hanya satu. Berbayar. Team Viewer sedikit berbaik hati dengan menyediakan fitur noncommercial use. Namun, sering kali mereka memblokir akses karena mengindikasikan kita menggunakannya untuk keperluan komersial.

Jika kita dianggap menggunakan Team Viewer gratis untuk keperluan komersial, akses koneksinya hanya dibatasi beberapa menit. Penulis pernah sekali terblokir ketika menggunakan aplikasi ini untuk me-remote komputer ke komputer. Dianggap menggunakannya untuk keperluan komersial. Tapi, untuk penggunaan remote dari komputer ke ponsel, sejauh ini aman-aman saja. Padahal, penggunaannya untuk keperluan yang sama. Hehehe...

Team Viewer memiliki fitur yang lebih lengkap daripada Chrome Remote Desktop. Salah satunya, ada fitur instant messages. Jadi, misalkan Anda sedang mengajari seseorang mengerjakan sesuatu di komputer, Anda bisa saling chat. Juga, ada fitur file transfer. Fitur itu memudahkan kita bertukar file dari komputer ke ponsel.

Oh iya, Team Viewer atau Chrome Remote Desktop tidak hanya mempermudah pekerjaan Anda sehari-hari. Aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengontrol kegiatan anak Anda di depan komputer atau laptop dari jarak jauh. Aplikasi-aplikasi sejenis yang juga bisa Anda coba, antara lain, AirMirror, Microsoft Remote Desktop, dan AnyDesk Remote PC/Mac Control.

---

Chrome Remote Desktop

APLIKASI ini dibuat Google untuk mengizinkan akses antara komputer dan komputer. Atau smartphone ke komputer via internet. Aplikasi ini gratis. Bisa digunakan lintas platform. Misalnya, menyambungkan ponsel Android ke komputer atau laptop. Baik yang menggunakan operating system Windows, Linux, maupun MacOS.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda lebih dulu harus menginstalnya di komputer atau laptop yang akan di-remote. Caranya, kunjungi situs Chrome Web Store (bit.ly/ChromeRemoteDesktop). Jangan lupa login di akun Google Anda lebih dulu.

Yang perlu diingat, untuk menginstal aplikasi ini di komputer, login harus dilakukan sebagai administrator. Atau setidaknya memiliki password administrator. Jadi, kalau Anda berniat menginstal aplikasi ini di komputer atau laptop kantor, pastikan dulu memiliki password administrator. Jika tidak tahu, tanya saja rekan IT. Jangan tanya Pak Eko karena jawabannya pasti: Masuuuk Pak Eko!

Setelah proses instalasi di komputer selesai, buka aplikasinya di komputer. Untuk memulai, tekan tombol ''Enable remote connections''. Lalu, buat PIN. Masukkan kembali password administrator komputer atau laptop.

Selanjutnya, instal aplikasinya di ponsel Android. Masuk ke Play Store, ketik ''Chrome Remote Desktop''. Jangan lupa, akun Google antara yang di komputer dan yang di smartphone harus sama. Setelah aplikasi Google Remote Desktop terinstal, otomatis di sana akan muncul nama komputer atau laptop Anda.

Sekarang tinggal menyambungkannya. Tekan nama komputer Anda di layar smartphone. Lalu, masukkan PIN yang sudah dibuat tadi. Komputer atau laptop kini bisa dikontrol dari ponsel. Oh iya, Chrome Remote Desktop juga tersedia untuk iOS. Penulis sudah mencoba aplikasi itu hampir enam bulan lalu. Sejauh ini tidak ada masalah. Syarat utamanya, sudah pasti komputer atau laptop harus dalam posisi menyala.

(*/c5/ayi)

Berita Terkait

Rekomendasi