JawaPos Radar | Iklan Jitu

PLN Disjaya Gandeng Telkomsel Pakai Sistem Monitoring Berbasis IoT

31 Oktober 2018, 10:26:40 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
pln, iot, telkomsel,
Telkomsel bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) mengimplementasikan teknologi narrow band Internet of Things (NB-IoT) (Rian/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Telkomsel bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) mengimplementasikan teknologi  narrow band Internet of Things (NB-IoT). Nantinya teknologi dimaksud akan bekerja pada sistem  smart meter di jaringan listrik, yang disebut sebagai  Advanced Meter Infrastructure (AMI).

Vice President Corporate Account Management Telkomsel Primadi K Putra mengatakan, implementasi teknologi NB-IoT ini merupakan komersialisasi NB-IoT AMI pertama di Asia Tenggara. “Tren IoT sekarang ini tengah berkembang secara global, Telkomsel secara konsisten meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan sebagai bagian dari upaya mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT di Indonesia," katanya dalam sambutan acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Telkomsel dan PLN  Disjaya di Jakarta, Selasa, (30/10).

Upaya ini, terang Primadi, merupakan salah satu bentuk dukungan Telkomsel bagi roadmap Pemerintah Indonesia yaitu ‘Making Indonesia 4.0’ dalam rangka memasuki era ‘Industry 4.0’, di mana aspek penguasaan teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi menjadi kunci penentu daya saing Indonesia.

"Implementasi teknologi NB-IoT ini juga sejalan dengan visi Telkomsel sebagai digital telco company yang ingin menghadirkan layanan dan solusi digital terkini terkait perkembangan ekonomi," katanya.

Lebih lanjut Primadi menjelaskan implementasi NB-IoT pada sistem metering di PLN merupakan salah satu contoh kasus yang dapat menunjukkan bagaimana teknologi dapat memberikan manfaat nyata dan signifikan di berbagai sisi kehidupan masyarakat.

Teknologi NB-IoT AMI juga disebut Permadi merupakan bagian dari tahap modernisasi gardu PLN dan alat meter yang digunakan oleh pelanggan segmen korparat atau enterprise, di mana penggunaanya dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas PLN, sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan PLN kepada pelanggannya.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Manager Distribusi PLN UID Jakarta Raya, Faisol juga mengungkapkan, penerapan teknologi smart meter dengan teknologi NB IoT akan banyak memberikan manfaat bagi pelanggan seperti pembacaan meter yang lebih akurat. "Selain itu, bagi PLN ini juga menguntungkan, mengapa? Sebab alat inu dapat mengidentifikasi gangguan lebih cepat tanpa harus menunggu aduan dari pelanggan," jelasnya.

Teknologi NB-IoT AMI yang diklaim menguntungkan pelanggan PLN karena alat ini mampu melakukan pembacaan meter yang dilakukan secara nirkabel dan real time. Selain itu,  PLN pun bisa mengontrol status dan mengumpulkan informasi langsung dari meter dengan data terkini.  

"Pemanfaatan teknologi ini juga bisa mengurangi potensi fraud atau kecurangan di meter pelanggan dan memberikan akurasi tagihan yang lebih tepat. Saat ini alat ini baru tersedia untuk level enterprise. Namun dikemudian bukan tidak mungkin akan melayani pelanggan dengan skala rumahan," tukasnya.

 
 
 

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up