alexametrics

Inilah Deretan Games Mobile Terbaik 2018, yang Pasti Seru Banget!

29 Desember 2018, 20:10:00 WIB

JawaPos.com – Setelah kami berikan jajaran aplikasi mobile terbaik sepanjang 2018, kini waktunya untuk mengetahui deretan game dengan kategori yang sama pula. Sebagaimana diketahui, games 2018 tidak hanya ramai di sektor konsol saja, namun juga di perangkat mobile semisal smartphone atau tablet.

Tahun 2018 juga boleh dibilang sebagai tahunnya game mobile. Pasalnya, tahun ini beberapa game mobile mulai ramai dikompetisikan di level profesional dengan tawaran hadiah dan gengsi yang tak kecil.

Untuk lebih jelasnya, berikut deretan game terbaik di tahun 2018 yang JawaPos.com rangkum untuk kamu.

game mobile terbaik, game mobile 2018, game terbaik 2018
Infografis: game mobile terbaik sepanjang 2018. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Android:

1. PUBG Mobile

PlayerUnknown Battlegrounds (PUBG) untuk versi mobile adalah permainan dengan genre battle royal. Game ini begitu banyak diminati. Seperti kami singgung di atas, game ini bahkan banyak dikompetisikan di level profesional bak versi konsolnya. Dalam game ini, kamu akan mengalami bagaimana rasanya terjun dari pesawat dan mendarat di sebuah pulau bersama 99 pemain lain untuk melihat siapa yang akhirnya bertahan.

Setelah terjun dan mendarat di pulau, kamu diminta untuk menjarah gedung, rumah, dan tempat lainnya untuk bersiap, dan melakukan yang terbaik untuk bertahan hidup sampai akhir. Kamu dapat melakukannya sendiri, atau membuat skuad hingga empat pemain jika kamu ingin mencoba upaya tim. Game terbitan Tencent ini begitu populer.

2. Brawl Stars

Game terbaik lainnya yang dapat dimainkan di platform Android adalah Brawl Stars. Judul game ini terbilang baru lantaran baru melenggang awal Desember lalu. Namun begitu, karena game ini merupakan versi terbaru dari pendahulunya Clash Royale, game ini langsung populer. Game ini besutan Supercell. Dalam game bergenre battle royal ini kamu akan ditempatkan di suatu arena berisikan beberapa pemain yang akan saling menyerang. Di game ini, kamu akan memilih seorang brawler yang memiliki status tertentu dan menggunakannya untuk menembaki lawanmu. Pada dasarnya, kamu akan dinyatakan menang jika semakin banyak poin yang kamu kumpulkan dengan mengalahkan musuhmu.

Bagi kamu yang pernah bermain Clash Royale ataupun Clash of Clans, pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem ini. Kamu akan mendapatkan sejumlah tropi setiap kali memenangkan suatu pertandingan, nantinya tropi ini akan menjadi penentu ranking kamu dalam game tersebut. Kamu juga bisa menaikkan level dari brawler milikmu agar bertambah kuat.

3. RWBY: Amity Arena

Game menarik lainnya adalah RWBY : Amity Arena. Konsep game ini agaknya sama dengan Brawl Stars, Clash of Clans, dan Clash Royale. Game ini merupakan game adaptasi dari RWBY anime berbasis web series yang dikembangkan Rooster Teeth. Layaknya game adaptasi yang lain, game ini sendiri akan menghadirkan karakter-karakter asli dari anime RWBY. Bagi kamu yang sebelumnya pernah memainkan game buatan Supercell yaitu Clash Royale tentunya akan familiar dengan game yang dikembangkan oleh NHN Entertaunment Crop ini.

Secara gameplay, pemain diwajibkan mempertahankan markas (base) kalian yang tediri dua tower dan satu base. Selama permainan kamu dapat mensummon hero-hero dalam deck mu yang sudah kamu pilih sebelumnya, menariknya berbeda dengan Clash Royale, dalam RWBY Amity Arena karakter kamu dapat mengeluarkan special skills yang akan membantu selama permainan.

4. Holedown

Selanjutnya, ada game Holedown. Game ini berbeda dari ketiga game di atas. Lebih sederhana, game ini mengedepankan unsur strategi. Pemain akan diminta menggali jauh di bawah tanah dengan menembak bola dan melanggar blok, melintasi jalan ke inti planet. Dengan tembakan yang terbatas per putaran dan beberapa blok tetap kuat ke dinding, serius menyusun strategi, dan bertujuan untuk pengaruh maksimal.

Pemain diminta untuk melakukan knock down ke banyak blok sambil mengumpulkan kristal untuk upgrade dan mendapatkan lebih dalam di bawah permukaan. Pilih upgrade ideal kamu seperti bola lebih banyak, lebih banyak tembakan per putaran, atau menyimpan lebih kristal berdasarkan gaya bermain kamu dan strategi keseluruhan.

5. Evoland 2

Evoland 2 adalah game menarik lainnya di platform Android. Game ini adalah sequel dari game Evoland. Evoland 2 adalah salah satu games RPG yang wajib kamu unduh. Bagian utama dari games ini adalah grafis RPG yang mengadaptasi beragam desain serta perkembangan dunia games digital selama 1 dekade. Mulai dari grafis pixelate, 2D, semi 3D, bahkan ada beberapa mode Fightning, Platformer, dan gameplay kekinian lainnya.

Layaknya games RPG lainnya, jalan cerita yang kamu alami di Evoland 2 tidak rumit namun tetap membutuhkan konsentrasi tinggi. Seperti membaca setiap dialog untuk mencari jalan cerita selanjutnya, mengendalikan karakter dengan virtual joystik atau MFi Controller, juga melawan musuh dalam beragam bentuk. Karakter utama yang kamu gunakan di Evoland 2 juga memiliki 3 karakter tambahan sebagai support power ketika dibutuhkan. Tantangan utama di games ini adalah mengikuti jalan cerita yang sudah diberikan, menghadapi bos di setiap chapter.

iOS:

1. PUBG Mobile

Sama seperti pada platform Android, PUBG Mobile juga populer di platform iOS. Pemain PUBG Mobile di platform iOS sendiri terbilang baru lantaran Android lebih dulu dapat merasakan game tembak menembak ini di perangkat smartphone atau tablet. Sama seperti di sistem operasi Android, game tembak menembak PUBG Mobile di sistem operasi iOS juga sangat populer.

2. Fortnite

Game seru lainnya di platform iOS adalah Fortnite. Fortnite juga ada di Android. Kebalikan dari PUBG, game ini justru lebih dulu hadir di iOS baru kemudian di Android. Game ini dari segi gameplay juga mirip dengan PUBG. Pemain diharuskan selamat ketika turun dari pesawat dan mendarat di pulau untuk jadi yang terakhir dapat bertahan dan memenangkan permainan.

Bedanya, jika PUBG Mobile benar-benar mirip dengan kondisi peperangan dari aspek senjata, orang, dan latar tempatnya, namun pada Fortnite cenderung animatif atau layaknya sebuah kartun. Selain itu, pemain juga diwajibkan untuk mengumpulkan benda-benda semisal kayu, batu, besi, dan sebagainya untuk membangun tempat perlindungan atau equipment pendukung lainnya dalam game. Di Android, Fortnite tidak tersedia di toko aplikasi Google Play Store. Karenanya game ini kurang populer di Android. Kemudian game ini di Android juga terbilang belum begitu sempurna.

3. Fallout Shelter

Fallout Shelter menjadi game terbaik selanjutnya di sistem operasi iOS. Game ini sejatinya bukanlah game baru. Game terbitan Bethesda Softworks ini telah melenggang sejak 2015 lalu dan tetap menjadi game terbaik hingga saat ini di platform iOS, juga Android. Game ini memiliki tampilan kartun serta gameplay yang terkesan simpel tentang mengelola bungker dan menyembunyikan kenyataan bahwa menjadi Overseer tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Fallout Shelter menyimpan tantangan berlapis-lapis bagi pemainya, terutama di bagian awal game. Kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengalokasikan sumber daya manusia, membangun fasilitas karena terbatasnya dana, hingga tingkat kebahagiaan para penghuni yang terus-menerus anjlok.

4. NBA 2K18 (NBA 2018)

NBA 2018 menjadi satu-satunya game bergenre sport dari jajaran game terbaik yang ada dalam daftar ini. Game ini besutan 2K dan Cat Daddy Studios dengan bangga mempersembahkan NBA 2K Mobile terbaru. NBA 2K Mobile menghadirkan grafis sekelas konsol dan aksi unik NBA 2K yang tampak nyata di mana pun kamu berada.

NBA 2K Mobile memungkinkan pemain untuk merasakan momen NBA favoritnya, membangun tim impian, dan bermain di lapangan pertandingan 5v5 yang tampak nyata. Pengguna NBA 2K Mobile dapat mengumpulkan kartu pemain untuk membangun tim impiannya dan menggunakan latihan untuk mengembangkan kemampuan pemain. Pemain dapat berkompetisi dalam mode Seasons untuk mendapatkan penghargaan baru, berpartisipasi dalam event dengan waktu terbatas untuk mendapatkan kartu eksklusif, dan mengejar posisi puncak papan peringkat dalam perjuangannya untuk menjadi sang legenda.

5. The Game of Life

The Game of Life menjadi game paling populer terakhir dari jajaran game mobile terbaik versi JawaPos.com. Game ini agaknya terinspirasi dari board game Monopoli yang populer di era 90-an silam. Ini sepertinya adalah versi baru dan versi canggih dari game tersebut. Sama seperti namanya, game ini menceritakan tentang kehidupan manusia. Kamu akan masuk ke dalam permainan dan bermain memutar roda yang mengarahkan ke mana hidupmu berjalan. Menikah, memiliki anak, hingga meninggalkan dunia.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : (ryn/JPC)

Inilah Deretan Games Mobile Terbaik 2018, yang Pasti Seru Banget!