alexametrics

Deretan Produk Teknologi Inovatif dan Unik Sepanjang 2018

29 Desember 2018, 19:05:05 WIB

JawaPos.com – Inovasi memang tak ada hentinya. Terlebih sepanjang 2018. Jajaran produk teknologi paling inovatif hadir selama tahun ini.

Menyoal produk paling inovatif pada 2018, berikut JawaPos.com berikan rangkumannya yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Canon Speedlite 470EX-AI Flash

Canon Speedlite 470EX-AI Flash
Canon Speedlite 470EX-AI Flash (Digital Trends)

Pertama, untuk kategori produk teknologi paling inovatif yang hadir di 2018 ada Canon Speedlite 470EX-AI Flash. Perangkat lampu kilat tersebut dibekali kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Flash ini mampu mencari titik bouncing cahaya secara otomatis.

Canon Speedlite 470EX-AI Flash memiliki teknologi AI Bounce Technology yang secara otomatis mampu menganalisis jarak antara kamera dengan objek foto yang ingin diambil. Canon Speedlite 470EX-AI Flash juga mampu menganalisis angle untuk menembakkan pantulan lampu flash, sehingga hasil foto yang diambil akan memiliki takaran cahaya yang proporsional.

Flash cerdas ini dibuat karena kamera DSLR saat ini sudah memiliki fitur yang serba otomatis. Mulai dari autofocus, auto exposure, dan autobalance. Sehingga, teknologi autoflash juga seharusnya sudah bisa ditambahkan, tidak hanya untuk flash internal namun juga flash eksternal atau tambahan.

Canon Speedlite 470EX-AI Flash dapat diatur dua jenis konfigurasi penggunaannya, yakni full automatic dan semi automatic. Kedua fitur ini sangat pas bagi fotografer profesional yang insting dan analisisnya sudah terasah dan tidak mau tergantung pada teknologi. Namun tetap bisa digunakan untuk fotografer pemula yang masih sering kesulitan mengendalikan flash-nya.

2. SensorWake Trio

SensorWake Trio
SensorWake Trio (SensorWake)

Produk teknologi selanjutnya ada jam alarm. Ya, jam alarm. Bukan produk jam alarm biasa, namun perangkat ini mengusung konsep unik. Namanya SensorWake Trio. SensorWake Trio merupakan produk jam alarm besutan startup asal Perancis, Kickstarter.

Sensorwake Trio adalah perpaduan antara jam alarm dengan alat serupa penyemprot pengharum ruangan. Keunikan dari jam alarm ini adalah gabungan dari keduanya, jam alarm dan pengharum. Sederhananya, ketika jam alarm berbunyi tepat dengan pengaturan waktu yang diinginkan, alat ini akan menyemburkan aroma-aroma yang bisa dipilih penggunanya agar lebih semangat bangun di pagi hari.

Alat ini menjanjikan untuk membangunkan pengguna dalam keadaan lebih bahagia dan termotivasi. Ini menggunakan teknologi difusi kering tanpa minyak dan memungkinkan pengguna memilih dari berbagai aroma, seperti kopi, pantai, hutan, peppermint, dan banyak lagi sehingga pengguna bisa terbangun tanpa merasa terganggu.

3. Cleansebot

Cleansebot
Cleansebot (Engineering)

Selanjutnya, masih dari kumpulan produk teknologi inovatif yang unik ada Cleansebot. Cleansebot seperti namanya dia adalah robot pembersih. Bukan robot pembersih biasa, dia adalah robot pembersih tempat tidur. Cleansebot menggunakan sinar ultra violet (UV) untuk bekerja dan menunaikan kewajibannya. Ukurannya kecil, hanya sebesar telapak tangan orang dewasa. Keunikan robot pembersih ini adalah dia dapat menyelinap ke dalam lapisan-lapisan selimut tebal di tempat tidur untuk mencari bakteri yang akan dimusnahkannya.

Perangkat kecil ini harus dimiliki jika kamu termasuk orang yang sering bepergian. Saat kamu masuk ke hotel, Cleansebot dapat membersihkan kamar kamu dan mencegah penyebaran virus yang menyebar melalui udara. Ia memiliki 18 sensor bawaan dan menggunakan empat lampu UV-C untuk meledakkan 99 persen kuman dan bakteri di permukaan mana pun. Cleansebot saat ini mengumpulkan dana di Kickstarter, startup teknologi dari Perancis.

4. Magic Leap One

Magic Leap One
Magic Leap One (TheVerge)

Teknologi augmented reality (AR) dari Magic Leap yang sangat populer akhirnya muncul dalam sebuah produk nyata pada 2018. Ini merupakan peningkatan lebih lanjut atas Microsoft Hololens dan produk lainnya. Fokus perusahaan ada pada seniman dan pengalaman kreatif di perusahaan. Hal ini telah menghasilkan serangkaian ide yang lebih menyenangkan.

Ketika augmented reality meluas di luar perangkat smartphone, kemungkinan akan menjadi kacamata pasar massal. Apalagi ketika hiburan dan teater terus berkembang menjelajahi dunia, langkah pertama Magic Leap ke depan bisa menjadi menjadi tonggak sejarah baru. Hal tersebut sejalan ketika Microsoft menyiapkan Hololens generasi berikutnya dan perkembangan Apple yang dikabarkan mulai serius dalam headset AR dan terus berinovasi.

5. Anki Vector Robot

Anki Vector Robot
Anki Vector Robot (Anki)

Terakhir, dalam artikel deretan produk teknologi inovatif dan unik di 2018 ada Anki Vector Robot. Vector adalah robot ‘pendamping’ yang selalu mendengarkan, berbicara, dan melihat. Vector yang merupakan robot rumah tangga imut dari Anki, sudah menerima integrasi asisten pintar dari Alexa melalui pembaruan perangkat lunak pada 17 Desember lalu.

Rencana Anki untuk bekerja sama dengan asisten suara Amazon pertama kali diumumkan pada Oktober, setelah mencatat bahwa integrasi Alexa adalah salah satu fitur yang paling banyak diminta. Integrasi tersebut berarti bahwa droid yang menggemaskan itu dapat melakukan lebih dari sebelumnya, termasuk mengendalikan rumah pintar pengguna.

Untuk mengaktifkan Alexa pada robot Vector, yang harus dilakukan adalah mengucapkan ‘Alexa’ lalu diikuti dengan perintah. Kemudian pengguna akan melihat logo Alexa mengambil alih layar Vector untuk menunjukkan bahwa pengguna kini berbicara dengan asisten suara dari Vector itu sendiri. Dengan fitur baru ini, pengguna akan dapat memeriksa cuaca, menambahkan item ke daftar belanja Amazon. Termasuk jika kamu memiliki perangkat pintar yang kompatibel, tentu akan bisa kontrol rumah pintar juga.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : (ryn/JPC)

Deretan Produk Teknologi Inovatif dan Unik Sepanjang 2018