JawaPos Radar

TV Pintar LG Meluncur Akhir Tahun, Punya AI Terintegrasi

29/08/2018, 11:50 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
LG TV Pintar, LG ThinQ, TV Pintar LG
TV Pintar LG punya sistem berbasis kecerdasan buatan (AI). (Istimewa/LG)
Share this

JawaPos.com - LG baru akan melengkapi asisten pintar Google pada lini produk TV dengan kecerdasan buatan (AI) ThinQ. Kemungkinan, TV dengan fitur AI itu akan hadir kuartal ke empat tahun ini. Kemudian asisten pintar Google ini juga disebutkan pihak LG akan didukung kemampuan layanan dalam lima bahasa berbeda.

Presiden LG Home Entertainment Company Brian Kwoon menyebut, keberadaan Google Assistant memberikan tingkatan kecerdasan baru di rumah penggunanya. Bahkan perangkat ini diklaim memiliki kualitas gambar di atas TV premium LG. "Hal tersebut selaras dengan misi LG dalam meningkatkan hidup keseharian pengguna melalui teknologi yang lebih maju,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Rabu (29/8).

Menurut Brian, ekspansi ini merupakan bagian dari strategi global LG untuk melangkah lebih maju. Hal ini ditunjukkan dengan solusi pengenalan suara di platform LG ThinQ dan keberadaan Google Assistant yang terintegrasi.

LG TV Pintar, LG ThinQ, TV Pintar LG
TV Pintar LG punya sistem berbasis kecerdasan buatan (AI). (Istimewa/LG)

Sekadar informasi, LG sendiri diketahui pertama kali mengumumkan rencana menyematkan fitur dimaksud pada TV-nya saat gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2018. Keberadaan Google Assistant yang bakal tersedia di seluruh TV LG berbasi webOS AI ini diklaim bakal menawarkan banyak fitur dan akses melalui berbagai bahasa.

Di antara fitur tersebut, yaitu kemampuan untuk melakukan pengaturan kegiatan harian, mencari jawaban, dan mengontrol berbagai perangkat elektronik rumah tangga dengan kecerdasan buatan yang kompatibel. Kelengkapan Google Assistant sendiri disebut akan menawarkan cara mudah untuk mendapatkan jawaban.

Cukup tekan dan tahan tombol mikrofon dan yang perlu dilakukan kemudian hanya mengajukan pertanyaan melalui suara untuk mendapatkan informasi. Seperti prakiraan cuaca, jam buka tutup restoran terdekat, dan hasil pertandingan olahraga. Bahkan perintah untuk meredupkan cahaya lampu dapat dilakukan tanpa harus mengganggu pengalaman menonton. Disamping itu, pengguna pun dapat menghidupkan kembali momen kenangan melalui sajian gambar dari Google Photos.

Terintegrasinya layanan Google Assistant kabarnya juga membuat TV LG dapat menjadi pusat pengaturan berbagai perangkat pintar di rumah melalui koneksinya dengan robot penyedot debu, pengatur suhu ruang, air purifier, dan lampu pintar. Google Assistant sendiri memang memiliki kompatibilitas luas melalui kemampuannya untuk terhubung dengan lebih dari 5.000 perangkat rumah tangga pintar dari ratusan merek.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up