JawaPos Radar

Kemenkominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi Lombok Sudah Pulih Total

29/08/2018, 19:08 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
gempa lombok, telekomunikasi lombok
VSAT Bakti Kemenkominfo di daerah bencana Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Istimewa/Kemenkominfo)
Share this image

JawaPos.com - Pemulihan pascagempa Lombok perlahan mulai membaik. Begitupun untuk urusan jaringan telekomunikasi. Base transceiver stations (BTS) site 2G, 3G, dan 5G diklaim 100 persen sudah pulih total. Kini sudah bisa digunakan untuk kebutuhan masyarakat di seluruh Pulau Lombok dan Sumbawa Barat.

Meski diklaim telah pulih, namun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan dukungan layanan komunikasi penanganan bencana di Lombok akan tetap berlanjut. Berdasarkan pantauan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Kelas II Mataram di NTB, sebanyak 944 BTS di Pulau Lombok dan Sumbawa yang terdampak gempa bumi sudah bisa dipulihkan untuk melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat.

Adapun dukungan Kemenkominfo dalam upaya penanganan bencana Lombok berupa jaringan telekomunikasi melalui VSAT Portable dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo saat ini sudah 19 unit dilaporkan terpasang dan on air. Hal ini guna mendukung komunikasi penanganan, rehabilitasi, dan rekonstruksi bencana.

gempa lombok, telekomunikasi lombok, telepon satelit
Bantuan telepon satelit untuk daerah terdampak bencana Lombok. (Istimewa/Kemenkominfo)

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman resmi Kemenkominfo, Rabu (29/8), seluruh VSAT itu terpasang di Posko Madayin, Sembalun, Bayan, Sambil Elen, BNPB Kantor Bupati Lombok Utara 1 dan 2, Desa Pemenang, Desa Obel-Obel, Sankareang Kantor Gubernur, Kantor LUrah Lingsar, Posko BNPB Lombar, Desa Genggelang Kec. Gangga, Dusun Darul Mujahidin Desa Genggelang, SDN 5 Bantek, Pengungsian Senara, Media Center Tanjung, Loloan, Kantor Kec. Sambelia, dan Media Center Provinsi.

Sementara dua unit lainnya sedang dalam proses instalasi, yakni di Posko ESDM Siaga dan Bhayangkara Pemenang. Kemudian tiga unit dalam proses pengiriman untuk dipasang di Posko Induk Desa Kekait, Desa Pringbaya Kecamatan Labuhan, dan Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba.

Lainnya, bantuan 50 unit telepon satelit dari BAKTI Kominfo dikatakan juga sudah diserahkan ke Ketua Satgas Penanganan Bencana Danrem 162/WB sebanyak lima unit. Adapun 11 unit telepon satelit digunakan Bagian Logistik Korem dan 34 unit digunakan dibawah koordinasi Danrem dan Gubernur untuk mendukung koordinasi penanganan bencana.

Dalam upaya dukungan layanan komunikasi di daerah terdampak bencana Lombok, anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) dikatakan saat ini tengah memasang repeater di Mataram sebanyak dua unit repeater, Pemenang dua unit, Tanjung satu unit, dan masing-masing dua unit di Kayangan, Bayan, Sembalun, Sambelia, Seling, Praya, dan Lobar.

Adapun yang bisa digunakan (on-air) masing-masing satu unit repeater Orari berada di Mataram, Tanjung, Bayan, Sambelia, dan Selong. Sementara itu Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) juga mendirikan stasiun radio masing-masing satu unit di Mataram dan Pemenang.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up