JawaPos Radar

Rudiantara Minta Media Siber Turut Perangi Hoax

26/07/2018, 18:07 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Rudiantara Minta Media Siber Turut Perangi Hoax
Rudiantara minta media siber turut perangi hoax (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta media siber ikut andil dalam memerangi penyebaran hoax atau informasi palsu. Hal itu disebabkan media siber turut memiliki peran dalam menjaga pilar demokrasi.

Rudiantara menyampaikan hal itu dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Serikat Media Siber Nasional (SMSI) di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu, (25/7), malam.

"Saya berharap SMSI dapat memberikan andil yang positif dan sehat dengan kehadiran media siber yang kini jumlahnya mencapai 43 ribu," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Kamis (26/7).

Rudiantara Minta Media Siber Turut Perangi Hoax
Rudiantara minta media siber turut perangi hoax (AARP)

"Di dunia maya dinamikanya sangat cepat. Perlu ada informasi yang akurat dan tepat untuk disampaikan ke masyarakat. Kalau tak terkontrol bisa jadi berbahaya," tandasnya.

Menteri yang karib disapa Chief RA itu juga menyampaikan mengapresiasi kehadiran SMSI saat kondisi masyarakat saat ini memerlukan akurasi informasi dengan pesatnya arus perkembangan teknologi digital.

Chief RA juga menyampaikan bahwa keanggotaan media yang terdaftar dalam SMSI mampu menjadi garda terdepan dan contoh melawan berita bohong atau yang sumbernya tidak jelas (hoaks). Masifnya berita hoaks di tanah air disebutnya akan menimbulkan kegaduhan di tanah air.

Oleh karena itu, Rudiantara mengimbau supaya insan pers selalu mengacu kepada UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Pers dalam pemberitaan guna menyajikan informasi berita yang menarik dan akurat untuk publik.

"Tentu saja menyebarnya berita hoax membuat kebingungan. Media, khususnya media siber, punya tantangan memberantasnya dalam era demokrasi sekarang," tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rakernas III SMSI sekaligus menjadi ajang diluncurkannya inovasi baru yakni Siber Indonesia Network (SIN). SIN nantinya akan menjadi newsroom (ruang pengelolaan berita) SMSI yang menyampaikan informasi akurat untuk masyarakat hingga berjumlah sekitar 2000 setiap harinya dari ratusan media siber anggota SMSI di seluruh Indonesia.

Media siber yang terdaftar sebagai angggota SMSI nantinya akan berkontribusi mengirimkan naskah berita, video dan foto untuk SIN.Layaknya struktur organisasi media, SIN juga memiliki penanggung jawab tertinggi atau pemimpin redaksi.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya akan memberikan fasilitas domain situs internet yang mudah diakses kepada pelaku UMKM jika ingin merambah dunia siber ke depannya.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up