JawaPos Radar

Begini Penampakan Game Fortnite Android Palsu

24/06/2018, 14:42 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Begini Penampakan Game Fortnite Android Palsu
Penampakan game Fortnite Android palsu (Getty Images)
Share this image

JawaPos.com – Popularitas game Fortnite memang tengah menanjak. Kepopuleran game besutan Epic Games itu rupanya dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab untuk merugikan masyarakat dengan menyebarkan malware berbahaya.

Game tersebut memang telah hadir pada konsol game, PC dan mobile untuk iOS saja sebelumnya. Namun untuk mobile, khusus bagi pengguna sistem operasi Android, game bergenre survival itu baru direncanakan akan hadir sekitar pertengahan hingga menjelang akhir tahun nanti. Hal itulah yang dimanfaatkan orang jahat untuk meraih untung.

Seperti dilansir Express, Minggu, (24/6), oknum-oknum tersebut memanfaatkan rasa penasaran pengguna Android. Sebab sejak disebut bakal menyambangi sistem operasi besutan Google itu, pengguna Android mulai mencari-cari informasi game Fortnite di dunia maya.

Begini Penampakan Game Fortnite Android Palsu
Game Fortnite asli oleh Epic Games (Epic Games)

Berangkat dari rasa ingim tahu yang besar akan game tersebut di perangkat Android. Kini di dunia maya banyak beredar aplikasi Fortnite palsu. Fortnite palsu itu ternyata didalamnya berisi software jahat alias malware yang berpotensi merugikan pengunduhnya.

Pakar Keamanan di Malwarebytes, Nathan Collier telah mengeluarkan peringatan tentang versi Android Fortnite yang palsu dan berisi malware. Dalam unggahan blog, Malwarebytes menjelaskan bahwa aplikasi tidak berlokasi di Google Play Store.

Sebaliknya, orang-orang dapat menemukannya dengan menelusuri informasi dengan keywords ‘Cara memasang Fortnite di Android’ atau ‘Fortnite untuk Android' di Google atau YouTube. Dari sana kemudian, aplikasi dapat diunduh.

Colier menambahkan, untuk membuat aplikasi terlihat legit, itu dimulai dengan ikon yang tampak realistis. Guna membuat aplikasi terlihat asli dan mirip, itu dimulai dengan ikon yang tampak realistis.

“Faktanya, itu sangat realistis sehingga beberapa orang mungkin mengenalinya dari versi Apple iOS. Dengan mencuri ikon langsung dari Apple, bagaimana mungkin itu tidak terlihat nyata,” katanya.

Lebih jauh, Malwarebytes menjelaskan, aplikasi Android Fortnite palsu yang mereka uji menggunakan aset nyata yang dicuri dari Fortnite iOS. Ketika aplikasi palsu dibuka, itu menunjukkan logo Epic Games serta layar loading Fortnite iOS dan intro lagu Fortnite.

Kemudian menampilkan layar ‘pembaruan baru’ yang ditampilkan setiap kali pemain Fortnite membuka Battle Royale. Ketika layar itu diklik itu kemudian menunjukkan layar login, dengan semua aset curian ini digunakan untuk membuat aplikasi palsu tampak otentik.

Namun, pada layar berikutnya kemudian meminta pengguna untuk menyelesaikan 'verifikasi seluler'. Saat pengguna mengeklik OK, aplikasi beralih ke situs web di browser default Anda yang menjadi tempat orang-orang diminta untuk membuktikan bahwa Anda Bukan BOT.

Namun setelah melakukan hal itu. alih-alih dapat langsung memainkan game Fortnite, pengguna justru kemudian diminta mengunduh aplikasi gratis lain untuk memverifikasi diri.

Namun, tidak peduli berapa kali Anda mengunduh aplikasi, Android Fortnite tidak pernah dapat dimainkan. Hal ini hanya menghasilkan lebih banyak uang untuk pengembang jahat di belakangnya.

“Jika Anda menunggu rilis resmi oleh Epic Games di Google Play Store musim panas ini, Anda tidak akan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk membersihkan malware dari Android Anda. Saran kami, bersabarlah,” kata Malwarebytes.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up