alexametrics

Satelit Nusantara Satu Milik Indonesia Siap Diluncurkan, Apa Hebatnya?

23 Januari 2019, 16:04:43 WIB

JawaPos.com – Perusahaan telekomunikasi Indonesia akan kembali meluncurkan satelit. Satelit yang dimaksud yakni Nusantara Satu milik Pasifik Satelit Nusantara (PSN). Satelit Nusantara Satu diklaim sebagai satelit pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi High Troughput Satellite (HTS) dan teknologi Next Generation Electric Propulsion.

Direktur Utama PSN Adi Rahman Adiwoso mengatakan, teknologi HTS pada Nusantara Satu akan memberikan layanan internet broadband dengan kapasitas jauh lebih besar ketimbang satelit konvensional yang saat ini ada di Indonesia. “Indonesia sebagai negara kepulauan kini menghadapi tantangan pemerataan akses teknologi digital yang perlu ditangani secara serius. Kehadiran jaringan internet yang merata mampu mengurangi kesenjangan digital dan menjadi urat nadi pertumbuhan ekonomi,” katanya di sesi media PSN di Jakarta, Rabu (23/1).

Dari segi teknis, Nusantara Satu merupakan satelit yang dibuat oleh Space System Loral (SSL), pabrikan teknologi asal Palo Alto, Amerika Serikat (AS). Satelit ini menggunakan platform SSL-1300 140 dengan 52 transponder yang diklaim sanggup mengorbit selama lebih dari 15 tahun.

Satelit Nusantara Satu, Satelit Indonesia, Pasifik Satelit Nusantara
Satelit Nusantara Satu yang akan diluncurkan pada 18 Februari mendatang. (Istimewa)

Satelit seberat 4,7 ton ini juga diklaim memiliki total kapasitas (bandwith) hingga 15 Gbps. Cakupan satelit Nusantara Satu meliputi wilayah Asia Tenggara dan mencakup seluruh wilayah di Indonesia pada sistem HTS. Satelit ini akan diantarkan menuju orbit 146 derajat Bujur Timur tepat berada di atas wilayah Papua, Indonesia.

Adapun untuk membawa satelit ini menuju slot orbit pada lokasi tersebut, roket Falcon 9 dari Space X akan menggendong satelit tersebut. Lokasi penerbangan di Cape Caneveral, Florida, AS pada 18 Februari mendatang dipilih sebagai momen untuk peluncuran satelit milik Indonesia tersebut.

PSN diketahu menjadi salah satu dari lima perusahaan Indonesia yang memiliki satelit sendiri. Empat di antaranya adalah Telkom, Bank BRI, MNC, dan Indosat.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Satelit Nusantara Satu Milik Indonesia Siap Diluncurkan, Apa Hebatnya?