alexametrics

JD.id Sukses Uji Coba Pengiriman Paket dengan Drone

23 Januari 2019, 11:19:15 WIB

JawaPos.com – Uji coba penerbangan drone untuk pengiriman barang oleh JD.id tampaknya berjalan sukses. Drone tersebut berhasil mengantarkan paket berisikan tas ransel, buku-buku, dan bola sepak untuk didonasikan ke sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Falah Leles, Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat.

CEO JD.id Zhang Li mengaku bangga bisa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah di Indonesia dalam bidang lompatan dan pencapaian teknologi. Terlebih lagi, uji terbang drone untuk mengirim paket tersebut merupakan pertama kali dilakukan perusahaan swasta di tanah air.

“Hal ini menjadi satu bukti kepeloporan, kepemimpinan dan komitmen kami, melebihi dari bisnis utama kami di bidang e-dagang dan perusahaan teknologi yang akan berkontribusi secara signifikan terhadap bangsa Indonesia,“ tuturnya dalam keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Rabu (23/1).

JD.Id, JD.Id drone, JD.Id kirim paket drone
JD.Id saat uji coba pengiriman paket dengan drone. (Istimewa/JD.Id)

Tidak sendirian, uji coba terbang drone untuk mengirimkan paket pertama di Indonesia oleh JD.com ini terselenggara karena dukungan dari pemerintah Indonesia dan lembaga atau organisasi terkait. Adapun keterlibatan pemerintah, lembaga dan organisasi tersebut diwakili Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, TNI AU, Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia), Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), serta Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA).

Pihak JD.id juga menyebut bahwa inisiatif untuk memulai penerapan teknologi drone sendiri muncul November 2017 lalu. Ketika itu JD.com dan JD.id bersama-sama mulai berdiskusi dengan Direktorat Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan dan AirNav tentang uji coba penerbangan teknologi drone untuk layanan logistik yang lebih maju.

Inisiatif ini diklaim mendapatkan sambutan yang hangat dari pemerintah yang dilanjutkan dengan diskusi dan berbagai kepengurusan perizinan yang dibutuhkan sepanjang 2018. Persiapan penerbangan uji coba kemudian dilanjutkan dengan diskusi teknis bersama Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara dan TNI AU akhir 2018. “Upaya ini membuahkan hasil manis, yaitu dengan diadakannya penerbangan uji coba drone resmi pertama di Indonesia oleh JD.com pada 8 Januari lalu di MIS Nurul Falah Leles, Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat,” terang pihak JD.ID.

Sebagaimana diketahui, teknologi drone alias pesawat nirawak memang digadang-gadang bakal menjadi transportasi masa depan baik untuk manusia ataupun barang. Di beberapa negara lain seperti Amerika Serikat (AS), uji coba penerbangan drone untuk penumpang manusia atau barang masif dilakukan. Namun begitu, menilik pada peraturan keselamatan penerbangan yang ketat, banyak pihak menyebut bahwa realisasi drone untuk kebutuhan transportasi masih akan sangat panjang prosesnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

JD.id Sukses Uji Coba Pengiriman Paket dengan Drone