JawaPos Radar

Kurang Laku, iPhone X Diprediksi akan Disuntik Mati Tahun Ini

23/01/2018, 18:34 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
iPhone x
Senior Vice President Apple Philip W. Schiller saat memperkenalkan iPhone X (apple.com)
Share this image

JawaPos.com – Kabar miring tengah menimpa Apple. Pengamat memprediksi bahwa Apple akan sedikit bergejolak di pertengahan tahun 2018 ini. Tidak main-main, produk terbaru mereka dari keluarga iPhone yakni iPhone X dikabarkan akan 'disuntik mati' tahun ini.

Hal ini terjadi lantaran produk iPhone X dinilai kurang laku di pasaran. Seperti JawaPos.com lansir dari laman AppleInsider, Selasa (23/1), seorang analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo memperkirakan bahwa produksi iPhone X bakal dihentikan sekitar bulan Juni hingga Agustus mendatang.

Hal tersebut diungkapkannya mengacu kepada permintaan terhadap ponsel di pasaran yang cenderung rendah. Kemungkinan, langkah yang mengecewakan konsumennya ini bakal diambil Apple saat mereka memperkenalkan iPhone generasi terbarunya pada 2018.

iphone x
iPhone X (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Diketahui, iPhone X merupakan produk flagship dari vendor teknologi berlogo buah apel tergigit yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS). Mayarakat di seluruh dunia pun sempat menantikan kehadiran iPhone dengan harga selangit itu.

Di Indonesia, iPhone X dibanderol seharga Rp 17,999 juta untuk varian penyimpanan 64 GB dan Rp 20,799 juta untuk yang memiliki penyimpanan 256 GB. Harga tersebut merupakan harga yang dipasang oleh iBox yang merupakan lini bisnis Erajaya Grup sebagai salah satu rekanan Apple di Indonesia.

Sementara menurut Ming, di Tiongkok iPhone X tidak terlalu memikat hati masyarakat. Karenanya volume penjualan ponsel yang memiliki lekukan “Notch” di bagian atas layarnya itu bisa dibilang kurang cemerlang.

Beredarnya rumor ini cukup mengejutkan. Pasalnya, semua orang tahu kebiasaan Apple yang selalu meluncurkan smartphone baru setiap tahun, namun tidak disangka perusahaan tersebut justru akan memberhentikan penjualan iPhone terbarunya.

Apalagi Apple sebelumnya tidak biasa menghentikan iPhone yang baru setahun dirilis. Apple biasanya terus membuat dan menjual iPhone model lama dari tahun ke tahun, dengan harga yang lebih rendah. Misalnya iPhone 7 atau iPhone 6 yang masih bisa dijumpai di beberapa gerai penjualan ponsel.

Dirinya juga memprediksi bahwa Apple akan lebih memilih untuk menghentikan penjualan iPhone X ketimbang menurunkan harganya seperti yang sudah-sudah. Apple diprediksi akan mengalami pertumbuhan kecil pada paruh pertama 2018, dengan angka 5 persen. Lalu, pertumbuhan akan meningkat menjadi 10 persen menjelang akhir tahun ketika mereka meluncurkan produk terbarunya.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up