JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kenalin Nih Lenna, Asisten Pribadi yang Cantik dan Pintar

23 Januari 2018, 19:55:59 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
lenna
CEO PT Sinergi Digital Teknologi, Rissandi saat memberikan presentasi di acara peluncuran aplikasi Lenna di Jakarta, Selasa (23/1). (RianAlfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Startup lokal tanah air meluncurkan produk terbarunya. Dialah Lenna, aplikasi virtual asisstant yang diklaim dapat membantu aktivitas penggunanya dalam berbagai keperluan. Aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan itu resmi meluncur untuk pengguna gadget di Indonesia.

Lenna dibuat dan dikembangkan oleh PT Sinergi Digital Teknologi yang merupakan startup dan developer IT di Indonesia. Tidak seperti virtual asisten yang sudah ada, Lenna diklaim lebih cerdas berkat sistem AI yang disematkan di dalamnya. Lenna menjadi asisten virtual yang lebih personal yang bisa menggunakan perintah suara (Voice Command) dalam bahasa Indonesia.

CEO PT Sinergi Digital Teknologi, Rissandi menjelaskan, Lenna sebagai asisten virtual memiliki kelebihan yang membedakannya dari produk sejenis di pasaran. Sebut saja Siri milik Apple, dan Google Assistant milik raksasa pencarian Google. “Lenna dapat digunakan untuk berinteraksi dengan penggunanya tidak hanya dengan bahasa Inggris,” jelasnya saat ditemui JawaPos.com usai acara peluncuran aplikasi Lenna yang digelar di bilangan Senayan, Jakarta, Selasa (23/1).

lenna
CEO PT Sinergi Digital Teknologi, Rissandi (Kiri) saat secara resmi meluncurkan aplikasi Lenna di Jakarta, Selasa (23/1). (RianAlfianto/JawaPos.com)

“Lenna kami berikan fitur bahasa Indonesia. Gunanya apa? Supaya pengguna mudah mengoperasikannya. Yang sudah ada kan masih dalam bahasa Inggris. Sekalipun tersedia bahasa Indonesia, bahasanya baku sekali,” terang Rissandi.

Dia menerangkan bahwa Lenna dapat bekerja menggunakan bahasa Indonesia yang lebih fleksibel dan tidak baku. Lenna juga dapat digunakan dengan interaksi bahasa sehari-hari yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

“Menggunakan Lenna jadi lebih menyenangkan. Sebab Anda tidak merasa sedang berbicara kepada komputer, namun lebih akrab seperti dengan keluarga atau teman Anda sendiri. Jadi terasa tidak ada jarak lah. Layaknya ngobrol dengan teman saja,” terangnya.

Rissandi juga menceritakan bahwa mengapa asisten virtual itu diberi nama Lenna. Menurutnya, asisten pribadi identik dengan wanita cantik dan pintar. Oleh karena itu, asisten pribadi yang diklaim pintar itu diberi nama seperti nama wanita.

Lenna diklaim merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi terutama dalam bidang AI dan chatbot di Indonesia. Sebab berinteraksi dengan aplikasi komputer kini dirasa menjadi lebih hidup berkat adanya perintah suara.

Kemudian Lenna dapat digunakan untuk mengetahui berita terbaru, ramalan cuaca serta koneksi terhadap search engine (mesin pencarian) yang dapat menghubungkan penggunanya ke dunia luar secara real time.

“Lenna juga sudah terkoneksi dengan platform e-Commerce. Hal itu dilakukan guna mempermudah pengguna dalam beberapa aktivitas pembelian. Misalnya pembelian pulsa listrik, Hp, tiket pesawat bahkan untuk membeli tiket menonton Anda dengan pasangan Anda,” jelas Rissandi sambil tertawa.

Saat ini Lenna masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Namun sudah bisa diunduh dan digunakan oleh pengguna untuk membantu beberapa aktivitas pengguna. Sayangnya asisten pribadi itu baru bisa diunduh oleh pemilik smartphone berbasis sistem operasi Android dengan spesifikasi minimum Android Ice Cream Sandwich (4.0).

“Lenna akan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pertengahan tahun mendatang mudah-mudahan sudah bisa beberapa kali lipat lebih cerdas dan bermanfaat dari yang diluncurkan saat ini,” pungkas Rissandi.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up