JawaPos Radar | Iklan Jitu

Dianggap Menyinggung Jepang, Pengembang PUBG Minta Maaf

22 Juli 2018, 21:10:59 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
PUBG Game, PUBG menyinggung jepang, PUBG minta maaf
Ilustrasi: Game Players Unknown’s Battle Grounds (PUBG) versi Mobile. (Bzit/Kotaku)
Share this

JawaPos.com - Tim di balik game bergenre survival, Players Unknown’s Battle Grounds (PUBG) versi mobile, dipaksa untuk meminta maaf kepada Jepang. Hal ini setelah para pemain game pertempuran tersebut melihat referensi yang dianggap menyinggung Angkatan Darat Kekaisaran Jepang.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Kotaku, Minggu (22/7), kontroversi dimulai pada akhir pekan lalu setelah pengembang game PUBG Mobile, Bluehole, merilis paket senjata dan armor baru untuk kategori premium. Dalam item berbayar tersebut terdapat helm penerbangan dengan masker yang dihiasi dengan simbol Matahari Terbit Merah. Simbol tersebut tak lain adalah lambang yang dianggap menyinggung di beberapa bagian Asia karena hubungannya dengan militer kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II.

Setelah terlihat pemain asal Korea, lalu dilaporkan oleh Bzit, PUBG Corp langsung menghapus paket penjualan tersebut. Sementara mereka yang sudah terlanjur membeli paket menerima kompensasi pengembalian uang sekitar USD 2,4 atau sekitar Rp 36 ribu dan item tersebut tidak akan terlihat lagi dalam game tersebut.

PUBG Game, PUBG menyinggung jepang, PUBG minta maaf
Item PUBG Mobile bergambar simbol Matahari Merah Terbit yang dianggap menyinggung negara Jepang. (Bzit/Kotaku)

Laman The Korea Times mewartakan bahwa pemain Korea yang pertama kali melihat hal tersebut langsung meminta PUBG Corp untuk menghapus item dimaksud dan mengeluarkan permintaan maaf. "Kami minta maaf karena menyebabkan kekhawatiran atas item masker pilot," ujar tim PUBG Mobile dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan melakukan pemeriksaan ulang secara keseluruhan dari proses produksi gambar kami untuk mencegah hal seperti itu tidak terulang kembali," imbuh PUBG Mobile demikian.

Selain insiden item bergambar simbol Matahari Terbit Merah, PUBG Mobile juga dilaporkan atas adanya bot dengan ID ‘Unit 731’. Ini ditemukan ketika seorang streamer terkenal memainkan versi mobile game itu. Bagi mereka yang tidak tahu, unit Angkatan Darat Kekaisaran Jepang 731 bertanggung jawab atas kejahatan perang yang mengerikan, seperti pembedahan manusia dan beberapa kejadian mengerikan lainnya kala itu.

Sekali lagi, PUBG Corp meminta maaf dan menyatakan bahwa mereka akan meningkatkan prosedur untuk meneliti item game sebelum rilis. “Kami akan meminta orang yang melalukan hal tersebut untuk bertanggung jawab,” ujar tim PUBG Mobile.

Sekadar informasi, PUBG Mobile diluncurkan pada perangkat Android dan iOS pada Maret dan langsung melesat ke puncak unduhan teratas di Play Store. Meskipun game tersebut memiliki tanda gratis untuk dimainkan, namun ada beberapa item premium yang hanya bisa didapatkan dengan melakukan pembelian.

Versi mobile dari game PC populer itu sejauh ini adalah game pertempuran royale paling populer di Android. Sementara PUBG Mobile memiliki penantang dari genre game yang sama yakni Fortnite.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up