alexametrics

Optimus Ride Mulai Komersialisasi Mobil Otonom untuk Transportasi Umum

22 Maret 2019, 15:20:39 WIB

JawaPos.com – Optimus Ride, sebuah startup mobil otonom alias tanpa awak yang berbasis di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS), akan membawa teknologinya ke Brooklyn Navy Yard. Tempat tersebut merupakan taman industri seluas 300 hektare dengan lebih dari 400 bisnis manufaktur dan 9.000 orang bekerja di lokasi. Di sana, Optimus Ride akan mulai menjajal mobil tanpa awak sebagai sarana transportasi umum.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman DigitalTrends, Jumat (22/3), terletak tepat di seberang Sungai Timur dari Manhattan, Yard akan menampung sejumlah mobil tanpa sopir Optimus Ride yang akan mengangkut pekerja di sekitar lokasi dalam area yang ditentukan geofensinya.

Kendaraan self-driving perusahaan ini dilengkapi dengan berbagai sensor dan kamera untuk menyurvei jalan di depan dan membantunya menemukan jalurnya. Kedaraan itu mampu mencapai kecepatan hingga 25 mil per jam atau setara dengan 38,6 kilo per jam.

Optimus Ride, mobil otonom, Optimus Ride Transportasi Umum
Ilustrasi: kendaraan yang saling terhubung. (Oukas)

Optimus Ride menyebut itu sebagai program kendaraan self-driving pertama yang diluncurkan di negara bagian New York, AS. Optimus Ride juga meluncurkan skema mobil tanpa pengemudi di kompleks komunitas pensiunan seluas 80 hektare di Fairfield, California, AS. Di situs New York dan California, perusahaan juga akan menawarkan pekerja dan penduduk akses ke wahana tanpa pengemudi di antara fasilitas di lokasi masing-masing.

CEO dan Co Founder Optimus Ride Ryan Chin mengatakan, layanan kendaraan self-driving diharapkan semakin umum karena perusahaan kendaraan otonom terus mengasah teknologinya dalam upaya meningkatkan keandalan dan keamanannya di berbagai kondisi berkendara. Perusahaan besar seperti Waymo, GM Cruise, dan Ford memiliki rencana serupa untuk mobil self-driving. Ketiganya bekerja pada sistem mereka sendiri dengan memperhatikan peluncuran layanan taksi-taksi skala besar di jalan biasa.

Optimus Ride sendiri didirikan pada 2015 oleh tim yang berbasis di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Perusahaan ini memiliki lebih dari 30 tahun penelitian interdisipliner dalam teknologi self-driving.

Omong-omong soal kendaraan tanpa awak, gagasan tersebut memang diprediksi bakal terwujud tak lama lagi. Apalagi, saat ini sangat pesat berkembang teknologi jaringan seluler generasi kelima alias 5G yang juga diperuntukan untuk komunikasi tingkat tinggi mesin ke mesin (M2M) dalam hal ini kendaraan otonom.

Kendaraan otomatis juga diprediksi bakal menjadi masa depan transportasi umum. Seperti film fiksi ilmiah, dalam beberapa tahun ke depan mungkin kita akan menaiki kendaraan umum tanpa sopir untuk berpergian.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Optimus Ride Mulai Komersialisasi Mobil Otonom untuk Transportasi Umum