alexametrics

Kata.ai Kenalkan Layanan Chatbot Berbasis AI di WhatsApp

22 Januari 2019, 19:35:37 WIB

JawaPos.com – Kata.ai mengenalkan layanan chatbot berbahasa Indonesia dengan menggunakan platform WhatsApp. Startup tersebut telah melakukan integrasi dengan WhatsApp Business API untuk menghadirkan solusi bagi perusahaan yang ingin berinteraksi langsung dengan para konsumen melalui aplikasi WhatsApp.

CEO dan founder Kata.ai Irzan Raditya mengungkapkan, saat ini masih sangat sedikit perusahaan yang memiliki akses ke layanan WhatsApp Business API di Indonesia. Padahal data menunjukkan WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

“Dengan adanya integrasi ke WhatsApp Business API, kini semua perusahaan di Indonesia dapat memiliki akun WhatsApp Business dan menjawab kebutuhan konsumen dengan lebih cepat dan lebih efektif,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/1).

Menurut dia, pengguna WhatsApp saat ini lebih dari 1,5 milyar setiap bulan. Sementara berdasarkan data We Are Social, sebanyak 40 persen responden Indonesia memilih WhatsApp sebagai aplikasi korespondensi utama yang digunakan sehari-hari.

“Dengan jumlah pengguna yang masif di Indonesia, ini saatnya perusahaan memanfaatkan platform WhatsApp untuk berkomunikasi langsung dengan para konsumen. Data kami juga menunjukkan bahwa chatbot yang kami kembangkan di WhatsApp memiliki tingkat engagement terbaik dibandingkan kanal lain,” kata Irzan.

Dia menerangkan, dalam memanfaatkan fitur WhatsApp Business API, perusahaan membutuhkan mitra agar bisa memberikan layanan pelanggan terbaik. Karena itu, Kata.ai hadir untuk menjadi mitra dalam merencanakan strategi customer engagement dan metode komunikasi yang efektif bagi perusahaan.

Kata.ai mengembangkan tiga jenis layanan pelanggan utama di WhatsApp. Pertama, customer support 24 jam 7 hari. Dalam hal ini, konsumen dapat menyampaikan keluhan atau pertanyaan terkait jasa dan produk perusahaan melalui satu nomor telepon. Percakapan pada nomor telepon ini dapat dijawab oleh chatbot maupun agen-agen customer service.

Kedua, layanan notifikasi. Perusahaan dapat mengirimkan pemberitahuan terkait status pemesanan, konfirmasi order, hingga mengirimkan kode otentik. Terakhir. yakni layanan purna-jual. Perusahaan dapat memantau kepuasan konsumen dan membangun hubungan yang lebih baik dengan para konsumennya.

Untuk mendampingi perusahaan dalam perencanaan strategi customer service melalui WhatsApp, Kata.ai memakai artificial intelligence (AI) yang dapat memberikan jawaban otomatis sesuai dengan format yang ditentukan sebelumnya. “Sistem AI ini dapat mendeteksi jawaban konsumen dan memberikan respons yang tepat sesuai dengan kata kunci tertentu. Keunggulan AI juga terletak dari fleksibilitas waktu, dimana layanan pelanggan di WhatsApp dapat selalu online 24 jam seminggu tanpa dibatasi jam operasional tertentu,” jelasnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Kata.ai Kenalkan Layanan Chatbot Berbasis AI di WhatsApp