JawaPos Radar | Iklan Jitu

Facebook dan Instagram Dilaporkan Sempat Down, Ada Gangguan?

21 November 2018, 17:33:04 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Facebook Instagram, Facebook down, Instagram down
Ilustrasi: pengguna Facebook. (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Jejaring sosial Facebook dan Instagram sempat mengalami gangguan pada Selasa (20/11) malam. Laporan mengenai gangguan kedua layanan sosial media tersebut pun ramai dibicarakan di Twitter.

Pantauan JawaPos.com di laman pencarian Twitter, hingga Selasa (20/11) dinihari setidaknya terdapat sebanyak lebih dari 60 ribu cuitan mengenai gangguan pada kedua platform tersebut. Sementara laman Mirror menyebut, gangguan terasa pada pukul 12.00 GMT di Inggris Raya.

Facebook Instagram, Facebook down, Instagram down
Peta terdampak Facebook dan Instagram down. (DownDetector)

Dari mereka yang melaporkan masalah dengan Facebook, 48 persen melaporkan mati total, sedangkan 35 persen mengaku bermasalah dengan login, dan 16 persen men memiliki masalah saat melihat gambar di beranda mereka.

Sementara untuk Instagram, sebanyak 53 persen memiliki masalah dengan feed berita mereka. Kemudian ada 33 persen memiliki masalah dengan login, dan 13 persen gangguan dengan situs web yang tidak merespons. Tidak hanya di Inggris, gangguan menurut laman DownDetector juga terasa di Amerika Serikat, Brasil, Argentina, Turki, India, Tiongkok, hingga Indonesia.

Facebook Instagram, Facebook down, Instagram down
Peta terdampak Facebook dan Instagram down. Lihat warna oranye kemerahan, Jakarta dan Surabaya masuk kedalam area terdampak. (DownDetector)

Untuk Indonesia, tampaknya gangguan tersebut tidak menjangkiti secara merata ke seluruh pengguna kedua layanan tersebut. Pasalnya, pada feed Instagram, beberapa terihat masih bisa mengunggah foto dan stories baru walaupun tidak bisa tampil.

Berdasarkan pengalaman JawaPos.com, website Facebook memiliki gangguan gagal login dan beranda yang tidak tampil. Seperti bisa dilihat digambar, ketika sudah berhasil ogin, namun Facebook tidak menampilkan gambar apapun di beranda. Sementara untuk Facebook mobile di smartphone Android, beranda tidak merespons perintah untuk refresh feed.

Facebook Instagram, Facebook down, Instagram down
Screenshot Facebook mengalami down. Beranda tidak tampil. (Screenshot)

Hampir sama dengan Facebook, Instagram juga demikian. Baik akses menggunakan website maupun perangkat mobile, keduanya sama-sama mengalami gangguan.

Untuk perangkat mobile, feed bisa di refresh, namun beranda tidak menampilkan gambar. Pun saat ingin melihat postingan di Instagram Stories. Hasilnya unggahan dari teman tidak bisa dilihat.

Ketika dicoba kembali sekarang ini, Facebook dan Instagram perlahan mulai normal lagi. Sejauh ini belum diketahui penyebab kedua media sosial tersebut mengalami gangguan.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up