alexametrics

Bisnis Game Baru Google Stadia Lawan Keterbataan PS4 dan Xbox One

21 Maret 2019, 13:57:35 WIB

JawaPos.com – Google agaknya memahami transisi tren di industri gaming. Raksasa teknologi itu merilis platform streaming game berbasis komputasi awan atau Cloud bernama Stadia.

Google Stadia diumumkan saat gelaran Game Developers Conference (GDC) di San Francisco, Amerika Serikat (AS). Dikutip JawaPos.com dari blog resminya, Kamis (21/3), Google Stadia merupakan layanan streaming game berbasis cloud yang dapat memainkan beragam judul di perangkat apa pun.

Artinya, Google Stadia mampu membuat akses instan ke permainan favorit di semua jenis layar. Mulai dari TV, laptop, desktop, tablet, maupun smartphone.

Pihak Google menerangkan, tujuan dibuatnya Stadia adalah saat ini karena banyak games favorit pengguna tersedia dalam resolusi tinggi hingga 4K 60 fps dan bisa dimainkan di mana pun. Kualitas game juga dikatakan bakal memiliki dukungan HDR dan suara surround.

Para gamer bisa melakukan streaming main game di PC dengan menggunakan browser Chrome, smartphone, tablet hingga TV. Dengan kata lain, Stadia mampu menyatukan dua dunia yang berbeda, yakni orang-orang yang bermain video game dan orang-orang yang suka menonton permainan games.

Hal itulah yang membuat Stadia memiliki perbedaan mencolok dibanding PS4 dan Xbox One yang memiliki keterbatasan harus bermain game menggunakan konsol. Stadia akan membebaskan pemain dari keterbatasan konsol dan PC tradisional tersebut.

Secara khusus, Stadia memiliki infrastruktur yang lebih baik karena berbasis cloud Google. Google Stadia mengadopsi perangkat keras kuat yang menggabungkan GPU kelas server, CPU, memori dan penyimpanan, serta kekuatan infrastruktur pusat data Google.

Google Stadia disebut bakal tersedia akhir tahun ini di negara-negara tertentu termasuk AS, Kanada, Inggris, dan sebagian besar Eropa. Google Stadia juga akan dilengkapi dengan kontroler yang memungkinkan pengalaman gamers meningkat sejalan dengan kemudahan yang didapat lewat platform streaming Stadia.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Bisnis Game Baru Google Stadia Lawan Keterbataan PS4 dan Xbox One