alexametrics

Terkuak, Jeroan Samsung Galaxy S10 tak Mampu Kalahkan iPhone Terbaru

21 Januari 2019, 10:05:06 WIB

JawaPos.com – Kabar terbaru kembali datang dari calon smartphone flagship Samsung Galaxy S10. Kali ini, Samsung Galaxy S10 dengan jeroan Exynos 9820 disebut tak cukup andal untuk mengalahkan atau bahkan sejajar dengan performa dari produk smartphone Apple teranyar yakni iPhone XS Max. iPhone terbaru sendiri datang dengan tiga tipe yakni iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR.

Seperti dilansir Gizmochina Senin (21/1), informasi soal jeroan Samsung Galaxy S10 Exynos 9820 terungkap lewat laman pengujian performa smartphone, Geekbench. Tampil di Geekbench sebagai ‘Samsung SM-G973N’ Galaxy S10 terlihat menjalankan Android 9 Pie dan mengemas 6 GB RAM. Exynos 9820 memiliki frekuensi dasar 1,95 GHz dan perangkat ini mencetak 4382 poin dalam uji Single-core dan 9570 poin dalam uji multi-core.

Jika dibandingkan dengan Galaxy S9 yang ditenagai oleh Exynos 9810 (dengan 4 GB RAM dan menjalankan Android Oreo) dan memiliki skor Single-core 3655 dan skor Multi-core 8970 poin, Exynos 9820 terlihat membawa peningkatan signifikan dalam hal kinerja. Namun siapa sangka performa smartphone teranyar Samsung tersebut dengan Exynos 9820 nyatanya masih belum bisa mengalahkan skor kinerja dari perangkatApple yakni iPhone XS Max.

Menurut laman GSM Arena, performa Samsung Galaxy S10 yang kalah dari iPhone XS Max tak hanya untuk varian yang datang dengan jeroan Exynos 9820 saja, namun juga yang akan datang dengan jeroan Snapdragon 855 terbaru dari Qualcomm.

Untuk pengujian Single-core, perangkat Samsung Galaxy S10 dengan jeroan Exynos 9820 berada di bawah performa perangkat iPhone XS Max dengan prosesor A12 Bionic di urutan ke dua. Sementara untuk Samsung Galaxy S10 Plus dengan Snapdragon 855 berada di urutan ke lima dalam pengujian single-core.

Beralih ke pengujian multi-core, iPhone XS Max dengan A12 Bionic masih menjadi pemuncak. Berbalik, ada di posisi ke dua ditempati Samsung Galaxy S10 Plus dengan Snapdragon 855. Sementara untuk perangkat Samsung Galaxy S10 yang datang dengan dapur pacu Exynos 9820 menempati urutan ke lima.

Seperti yang kita ketahui sekarang, Galaxy S10 adalah varian standar dalam jajaran S10 yang mencakup Galaxy S10 Lite (atau Galaxy S10E) dan Galaxy S10 Plus. Ada juga telepon edisi khusus dengan kode nama ‘Beyond X’ dan telepon 5G dengan nama sandi ‘Bolt’, yang mungkin dirilis secara terpisah setelah acara Unpacked Galaxy S10 Series pada 20 Februari mendatang.

Flagship Samsung biasanya datang dalam dua varian prosesor. Berdasarkan negara atau wilayah pasar yang dituju mendapatkan versi yang didukung oleh prosesor Exynos milik Samsung sendiri atau versi yang didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon.

Di Tiongkok dan Amerika Serikat (AS), Samsung biasanya meluncurkan ponsel dengan platform seluler Qualcomm Snapdragon sementara Eropa akan mendapatkan versi Exynos. Indonesia pun demikian. Umumnya, Samsung Galaxy S Series yang hadir di Indonesia biasanya hadir dengan jeroan Exynos.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Rian Alfianto

Terkuak, Jeroan Samsung Galaxy S10 tak Mampu Kalahkan iPhone Terbaru