JawaPos Radar

'Gila' karena Macet, Elon Musk akan Bikin Kereta Cepat Bawah Tanah

20/05/2018, 16:20 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
elon musk, kereta cepat
Bos perusahaan teknologi SpaceX dan Tesla Motors, Elon Musk. (Splash)
Share this image

JawaPos.com – Bos perusahaan teknologi SpaceX dan Tesla Motors, Elon Musk berencana membangun jaringan kereta cepat di bawah jalanan Los Angeles (LA), California, Amerika Serikat (AS). Rencananya itu spontan muncul akibat dirinya hampir dibuat gila gara-gara kemacetan yang rutin terjadi di kota tersebut.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman Mirror, Minggu (20/5), Elon Musk telah mengungkapkan bahwa perusahaannya, The Boring Company, akan membangun jaringan kereta 150 Mil/Jamam di bawah Los Angeles. Kecepatan 150 Mil/Jam sendiri setara dengan 241 Km/Jam.

Ambisi Elon Musk itu diungkapkan pada pertemuan di sebuah acara komunitas beberapa waktu lalu. Pria yang dikenal memiliki banyak ide gila itu mengatakan, jaringan kereta bawah tanah supercepat itu akan mengakhiri 'lalu lintas perusak jiwa' di LA. Untuk tarifnya, dirinya menyebut akan dikenakan biaya hanya USD 1 atau setara dengan Rp 14 ribu per sekali perjalanan.

elon musk, kereta cepat
Ilustrasi: kereta cepat. (SlashGear)

“Kami akan mencari tahu cara membuat terowongan dengan cepat dan aman. Tapi yang jelas itu hanya bisa terjadi dengan dukungan publik. Untuk terowongan, Anda dapat memiliki ratusan jalur, tidak ada batasan nyata," ungkapnya demikian.

Kendati ide ‘gila’ Musk banyak yang menganggap mustahil untuk dilakukan, namun dia yakin bahwa hal itu bukanlah masalah yang serius. Sebagai awalan, The Boring Company berencana untuk meluncurkan kereta prototipe ke terowongan sepanjang 2,7 Mil atau sekitar 4,3 Km di sisi barat Los Angeles. Namun untuk memulai pembangunan dan realisasi ide prestisiusnya itu, Musk masih harus melalui serangkaian tahap dan perizinan lainnya.

Elon Musk diketahui bukan kali pertama mengemukakan ide yang dianggap oleh sebagian kalangan sebagai hal yang mustahil untuk dilakukan. Selain ambisinya memindahkan koloni manusia dari Bumi ke planet Mars, Musk juga pernah memasukkan mobil listrik Tesla yang dibuat oleh perusahaannya untuk terbang bersama roketnya ke luar angkasa.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up