JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ada Cacat Keamanan, Data Pribadi Pengguna Instagram Bocor

19 November 2018, 14:07:13 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Instagram Bocor, Instagram Data Pengguna
Penggunaan Instagram. (iMore)
Share this

JawaPos.com – Platform sosial media (sosmed) berbagi foto dan video, Instagram dikabarkan memiliki kecacatan pada sistem keamanan yang berdampak pada data pengguna. Akibatnya, data pengguna dikabarkan sempat bocor.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman GSMArena, Senin (19/11), kecacatan atau celah keamanan terdapat pada tool ‘Download Your Data’. Tool tersebut memungkinkan pengguna untuk mengunduh salinan data mereka.

Celakanya, sebagai akibat dari cacat keamanan, kata sandi pengguna yang memanfaatkan tool ‘Download Your Data’ bisa saja terbuka dan diketahui banyak orang. Seorang juru bicara Instagram mengatakan kepada The Information bahwa masalah itu ditemukan secara internal dan mempengaruhi sejumlah kecil orang.

Instagram Bocor, Instagram Data Pengguna
Ilustrasi: Pencurian data. (Blockinsider)

Adapun tool tersebut dirancang untuk mematuhi peraturan di Eropa soal data. Untuk beberapa pengguna, akibat celah keamanan, password atau kata sandi yang mereka masukan bisa terekspos jika mereka menggunakan komputer bersama.

Sederhananya, ketika pengguna menggunakan tool ‘Download Your Data’ mereka akan menerima link tautan untuk dibuka melalui komputer. Nah lewat link tautan itu terntaya celah keamanan akan mengungkapkan kata sandi mereka kepada orang yang menggunakan (komputer) setelah mereka.

Mengapa kata sandi bisa diketahui? Sebab, bug atau cacat keamanan akan menampilkan kata sandi dalam teks biasa, bukan berupa kode-kode tertentu. Sehingga pengguna komputer setelahnya atau ketika jaringan internet disusupi, password tersebut akan tersebar.

Terkait dengan celah keamanan yang ada, sejumlah pihak juga menilai bahwa apa yang dilakukan Instagram terkait kata sandi yang tampil dalam teks biasa merupakan sebuah praktik buruk. Pasalnya, kendati bertindak sebagai penyedia layanan, Instagram sebagai platform semestinya tidak menyimpan kata sandi user dalam bentuk seutuhnya melainkan berupa kode-kode tertentu.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban, Instagram telah mengirim notifikasi ke pengguna yang terdampak oleh cacat keamanan ini. Dengan demikian, pengguna yang tidak mendapatkan notifikasi diminta untuk tidak perlu khawatir password-nya masuk dalam jajaran password yang terekspos.

Kendati begitu, demi alasan keamanan, pengguna yang baru-baru ini mengunduh data lewat tool ‘Download Your Data’ diminta untuk mengubah kata sandi atau mengaktifkan autentikasi dua faktor. Hal ini guna memastikan akun mereka dalam kondisi baik-baik saja.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up