JawaPos Radar

Ilmuwan Temukan Berlian Superjumbo di Perut Bumi, Nilainya Tak Terduga

19/07/2018, 14:56 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
berlian, ilmuwan temukan berlian, berlian superjumbo
Ilustrasi: temuan berlian dari perut Bumi. (Mirror)
Share this image

JawaPos.com - Para ilmuwan menemukan sebanyak satu kuadriliun ton berlian di bawah perut Bumi. Jika di konversi, satu kuadriliun setara dengan 1.000 triliun ton. Tak hanya berukuran super jumbo, jika berhasil di angkat, berlian dari perut bumi itu memiliki nilai yang fantastis.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Metro, Kamis (19/7), berlian yang berada jauh dalam perut Bumi itu ditemukan sekelompok ilmuwan asal Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. Menurut tim peneliti dari MIT, jarak dari permukaan Bumi menuju tempat ditemmukannya berlian tersebut bisa sejauh 100 mil.

Bila diubah jaraknya menjadi satuan Kilometer, maka jarak untuk bisa meraih berlian tersebut mencapai 160 Km. Jarak tersebut jika diukur dalam sebuah perjalanan darat, maka akan setara dengan menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Bandung.

berlian, ilmuwan temukan berlian, berlian superjumbo
Berlian, salah hasil tambang termahal. Ilmuwan Temukan Berlian Superjumbo di Perut Bumi. (ResourceWorldMagazine)

Ilmuwan mengatakan bahwa berlian terletak di akar kratonik dari lempeng benua-benua. Lokasi tersebut merupakan bagian paling kuno dari daratan Bumi yang sangat dalam, sehingga manusia tidak akan bisa sampai ke sana.

“Ini menunjukkan bahwa intan atau berlian bukanlah mineral eksotis yang langka. Tetapi pada skala geologi, temuan berlian berskala besar merupakan hal lumrah," kata Ulrich Faul, seorang ilmuwan peneliti dari MIT Department of Earth, Atmospheric, dan Planetary Sciences.

"Kita tidak bisa mendapatkannya, tapi tetap saja, ada lebih banyak berlian di sana daripada yang pernah kita pikirkan sebelumnya,” sambungnya.

Seperti sempat disinggung di atas, menyoal nominal fantastis dari berlian perut Bumi itu jika berhasil di angkat ke permukaan. Kabarnya berlian dengan berat 1.000 triliun ton itu akan mencapai nilai yang tidak pernah dibayangkan oleh pikiran manusia manapun sebelumnya.

Alih-alih menukar dengan sejumlah uang, nilai fantastis dari berlian tersebut bahkan disebut bisa mengguncang stabilitas keuangan dunia. Sebab dalam angka Euro saja, nilai kotor dari berlian tersebut mencapai EUR 150.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000. Terbayang menukarnya dengan mata uang Rupiah bukan? Dalam nilai tukar Rupiah ke Euro saat ini ada di angka Rp 16.884. Mungkin kalkulator standar akan pusing mengalikannya.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up