JawaPos Radar

Bangun Game Center, Kemenpora: Kita Butuh Bantuan Swasta

18/10/2018, 15:04 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Raden Isnanta Kemenpora, Kemenpora E-Sport, Kemenpora Game Center
Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta usai menghadiri peresmian Dunia Games Telkomsel e-Sport Competition di Jakarta, Rabu (17/10). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Indonesia akan memiliki game center atau venue terpadu sebagai sarana berlatih atlet e-sport tanah air. Pernyataan terebut beberapa kali pernah disampaikan Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta.

Namun belakangan dia mengatakan bahwa pemerintah dalam mewujudkan game center berskala internasional itu membutuhkan uluran tangan swasta. "Saat ini sudah mau dimulai, tapi kita tetap mendorong swasta untuk ikut membuat hanggar, venue, game center atau apapun namanya. Karena kita dari pemerintah juga tidak bisa selalu bergerak sendiri, pun dengan pembiayaan," ujarnya usai menghadiri peresmian Dunia Games Telkomsel e-Sport Competition di Jakarta, Rabu (17/10).

Menurut Isnanta, pemerintah membuka pintu bagi swasta bila ada yang mau membantu membangun venue-venue e-sport. "Pemerintah sifatnya membantu mendorong dan menyiapkan regulasi. Pemerintah juga telah berusaha keras untuk memasukkan e-sport ini ke dalam event-event resmi seperti laga eksibisi Asian Games lalu dan Olimpiade nantinya," ujarnya.

E-Sport, Kemenpora E-Sport, Kemenpora Game Center
Ilustrasi: Orang bermain game mobile legend yang masuk dalam cabang olahraga e-sport Dunia Games Telkomsel e-sport Competition. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Lebih jauh, dia menyebut bahwa langkah nyata pemerintah dalam mengembangkan e-sport tanah air tidak mesti diukur dari membangun venue e-sport. Swasta juga semestinya turut andil dalam membangun atlet e-sport tanah air.

"Kami dari pemerintah sejauh ini sudah memiliki kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan Telkomsel untuk Dunia Games dan Indonesia Gaming Championsip. Ke depan akan semakin banyak pihak yang kami rangkul untuk sama-sama membangun e-sport dan perangkat penunjang lainnya di Indonesia agar dapat semakin banyak memberikan kontribusi di kancah dunia," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kemenpora mengatakan bahwa Indonesia akan punya pusat pelatihan dan venue pertandingan e-sport tingkat dunia. Namun begitu, Kemenpora menyebut bahwa sebagai langkah awal, e-sport memang masih perlu 'dibumikan'. Tujuannya agar semakin banyak orang-orang mengetahui apa itu e-sport dan manfaatnya sebagai olahraga prestasi.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up