JawaPos Radar

AC Pintar LG Terbaru Bisa Atur Daya Listrik Sendiri

18/10/2018, 17:28 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
LG AC Pintar, AC Pintar LG, LG AC Atur Listrik
President Director LG Eiectronis lndonesia, Seungmin Park di acara peluncuran produk AC DualCool with Watt Control di Jakarta, Rabu (17/10). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - LG kembali mengenalkan produk terbarunya. Kali ini, brand asal Korea Selatan (Korsel) itu merilis produk pengkondisi udara (AC) yang bisa diatur sendiri konsumsi daya listrik (Watt) oleh pengguna. Adapun AC yang dirilis LG ini berjuluk DualCool with Watt Control.

President Director LG Eiectronis lndonesia, Seungmin Park mengatakan, seperti namanya, perangkat air conditioning LG teranyar itu bisa diatur daya penggunaannya, sehingga akan membawa penghematan listrik. "Mengusung jargon 'Hemat Berlipat' generasi terbaru AC LG DualCool yang menggunakan teknologi dual inverter ini akan membawa kemampuan hemat listrik pada tingkat yang lebih Optimal," ujarnya di acara perilisan AC DualCool with Watt Control di Jakarta.

Inovasi berbasis teknologi inverter ini, lanjut Park, akan memberi keunggulan AC LG DualCool with Watt Control pada pengaturan besaran watt. "Keunggulan inilah yang membuatnya mampu melakukan penghematan listrik optimal, tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna," ujarnya lagi.

LG AC Pintar, AC Pintar LG, LG AC Atur Listrik
Demo produk AC DualCool with Watt Control LG. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Air Conditioning Business Leader Changmin Han menambahkan, terkait fleksibilitas pengaturan daya listrik yang menjadi keunggulan perangkat ini berwujud empat pengaturan konsumsi daya listrik yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari bekerja 100 persen, 80 persen, 60 persen hingga bekerja dengan hanya 40 persen dari kebutuhan listrik seharusnya. Pengaturannya melalui kendali satu tombol pada remote control.

"Cara kendalinya pun terbilang mudah. Sebagai gambaran, AC LG DualCool dengan Watt Control yang tersedia dalam tipe T06EV4 (Eco Model) dan EOGSV4 (Smart Model) berkapasitas 1/2 PK dengan daya listrik 495 Watt. Pengaturan pada konsumsi 80 persen cukup dilakukan dengan sekali tekan pada tombol Watt Control pada kendali remote control," terangnya.

Dengan cara tersebut, perangkat akan Iangsung membuat AC bekerja dengan besaran daya 419 Watt sehingga menghemat 76 watt yang setara dengan Watt untuk LED TV 32 inci. Sementara jika besaran daya menjadi 312 Watt dengan menghemat 183 watt dapat dilakukan dengan dua kali tekan pada tombol. Ini membuat AC bekerja pada daya 60 persen.

Penghematan daya pun dapat terus dilakukan hingga beroperasi dengan kebutuhan watt hanya 40 persen. Artinya, besaran daya akan menjadi 215 watt sehingga menghemat 280 Watt dari daya utuh perangkat yang bersangkutan.

Lebih lanjut tentang inovasi Watt Control ini, pihak LG menyebut pengembangannya dilakukan menyesuaikan dengan karakter iklim Indonesia. Pasalnya, Indonesia berada pada belahan iklim tropis, membuat masyarakat Indonesia mengalami perputaran fluktuasi suhu nyata sepanjang harinya.

Bicara mengenai kenyamanan penggunaan, bersanding dengan inovasi besarnya ini, LG pun membawa serta berbagai fitur istimewa di dalamnya. Termasuk di dalamnya yaitu JetCool, ionizer, dan SmartThinQ. Sesuai namanya, fitur JetCooI yang diaktifkan melalui pilihan tombol khusus pada remote control membuat AC DualCool dengan Watt Control mempersingkat proses pendinginan ruang.

Sementara benaman fitur SmartThinQ hadir menjadi jawaban LG atas gaya hidup modern dengan mobiltas tinggi saat berhadapan dengan kebutuhan kendali perangkat elektronik di rumah. Berbasis keterhubungan perangkat dengan wifi, teknologi SmartThinQ memungkinkan pengguna memberi berbagai perintah kendali jarak jauh untuk tiap unit air conditioner pada masing-masing ruang dalam rumah.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up