alexametrics

Smartphone Lipat Xiaomi Segera Meluncur, Lebih Murah dari Galaxy Fold?

18 Maret 2019, 11:45:07 WIB

JawaPos.com – Smartphone lipat Xiaomi kabarnya akan meluncur pada kuartal kedua (Q2) 2019. Menariknya, perangkat fleksibel dari Xiaomi itu akan dilego dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan Samsung Galaxy Fold.

Laman iGyaan sebagaimana JawaPos.com kutip pada Senin (18/3) melaporkan, investor dalam rantai pasokan Xiaomi mengungkapkan bahwa perusahaan elektronik Tiongkok itu akan meluncurkan ponsel lipat antara akhir April hingga awal Juni. Xiaomi akan menggelar acara terpisah di Tiongkok yang bakal menjadi peluncuran produk global lalu diikuti oleh beberapa peluncuran lokal di pasar penting.

Sumber juga mengungkapkan bahwa Xiaomi berencana menjual smartphone lipatnya dengan harga USD 999 atau sekitar Rp 14 jutaan saja. Dengan harga segitu, smartphone lipat Xiaomi akan menjadi ponsel pintar lipat termurah. Xiaomi juga akan membawa ponsel tersebut ke Eropa seharga EUR 999 atau setara dengan Rp 16 jutaan dan ke India seharga INR 74.999 atau berkisar di Rp 15 jutaan.

Samsung Galaxy Fold, Smartphone lipat Xiaomi
Smartphone lipat Samsung Galaxy Fold. (BGR)

Jika benar meluncurkan perangkat Lipat Mi dengan harga yang agresif itu, Xiaomi pasti akan dapat menarik perhatian untuk produknya. Pasalnya harga segitu jelas lebih murah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Fold yang dijual dengan harga Rp 28 jutaan.

Salah satu alasan Xiaomi dapat menekan harga adalah karena faktor material layar. Sementara Samsung dan Huawei menggunakan panel OLED berkualitas lebih tinggi yang diproduksi oleh Samsung dan BOE Display, Xiaomi akan menggunakan layar OLED Visionox Technology.

Visionox telah mengembangkan layar yang dapat dilipat sesuai kebutuhan Xiaomi. Xiaomi juga mendanai biaya pengembangan dan pembuatan sumber daya infrastruktur untuk Visionox Technology agar dapat mengembangkan layar ini.

Soal smartphone lipat Xiaomi memang telah bergulir sejak beberapa waktu belakangan. Smartphone lipat Xiaomi belum memiliki nama. Namun bos Xiaomi kala itu membuat polling untuk nama smartphone lipatnya dengan nama Mi Fold atau Mi Flex. Smartphone dikabarkan bakal melenggang dengan spesifikasi unggulan termasuk chipset Snapdragon 855 dan 8 GB hingga 10 GB RAM.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Smartphone Lipat Xiaomi Segera Meluncur, Lebih Murah dari Galaxy Fold?