alexametrics

PUBG Mobile Jadi Game Terlarang, 16 Pelajar Diciduk Polisi India

18 Maret 2019, 14:42:52 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 16 pelajar di India terpaksa harus berurusan dengan kepolisian karena game PlayerUnknown’s Battlegrounds versi mobile atau PUBG Mobile. Mereka diciduk lantaran game tersebut kini dinyatakan menjadi game yang haram untuk dimainkan di India oleh pemerintah.

Dikutip JawaPos.com dari IndianExpress, Senin (18/3), baru-baru ini negara bagian Gujarat di India melarang PUBG Mobile. Imbasnya, orang-orang di negara itu benar-benar terancam masalah hukum ketika kedapatan memainkan game PUBG Mobile di ponsel mereka.

Saat ini sudah ada 10 mahasiswa ditangkap lantaran bermain PUBG Mobile. Enam siswa lagi, berusia antara 18 dan 22, dilaporkan ditangkap pada Kamis (14/3) karena kasus yang sama. Semuanya kini telah dibebaskan bersyarat dengan jaminan mereka tidak akan memainkan game itu lagi.

Mereka kedapatan bermain game jenis battle royale seminggu setelah larangan di Gujarat diberlakukan. Menurut seorang pejabat polisi di negara bagian itu, PUBG Mobile sangat membuat ketagihan. Para siswa yang dituduh bahkan tidak sadar ketika aparat kepolisian memperhatikan mereka.

Alasan di balik larangan tersebut adalah dampak permainan pada perilaku pemainnya dan akibat lain yang ditimbulkan. Meskipun ada games battle royale lainnya yang bahkan lebih banyak digunakan daripada yang satu ini, seperti Fortnite dan Apex Legends, larangan hanya berlaku bagi PUBG Mobile.

India memang diketahui concern terhadap game PUBG Mobile belakang ini. Beberapa pejabat terkait bahkan pernah menyebutnya sebagai ‘game setan’ karena efek yang dianggap buruk kerap menimpa pemainnya. Menurut pemerintah India, pelarangan game besutan Tencent dan Bluehole itu menyusul serangkaian kasus di India akibat memainkan game tersebut.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

PUBG Mobile Jadi Game Terlarang, 16 Pelajar Diciduk Polisi India