alexametrics

Twitter dan Instagram Disesaki Unggahan Jari Bertinta, Seru Banget

17 April 2019, 15:19:18 WIB

JawaPos.com – Masyarakat Indonesia tengah menggelar hajatan lima tahunan hari ini, Rabu (17/4). Lini jagat maya pun disesaki dengan posting-an para pemilih yang sudah menyumbangkan suaranya untuk pemilu presiden dan legislatif 2019. Warganet pamer foto jari bertinta.

Pantauan JawaPos.com di media sosial Twitter dan Instagram, platform tersebut dipenuhi unggahan warganet yang telah melaksanakan hak pilihnya. Kebanyakan dari mereka memamerkan foto diri alias selfie dengan jari bertinta sebagai tanda bahwa mereka sudah memilih.

Di Twitter, seperti biasa, topik yang sedang populer atau hangat diperbincangkan akan ditunjukan dengan tanda pagar (tagar) atau hashtag populer. Sebanyak sembilan hashtag teratas diisi oleh topik terkait pemilu. Adapun tagar-tagar tersebut hingga siang ini, antara lain, #Pemilu2019, #JokoWinElection, #TheVictoryOfPrabowo, #Pilpres2019, #JagaTPSKawalHasilSuara, Nicholas Saputra, Nyoblos, Di TPS, dan DPR RI.

Trending Twitter teratas terkait pemilu 2019. (Twitter)

Suara-suara warganet pun beragam. Meski masih ada saja yang bernuansa ‘panas’, namun tak sedikit yang menyampaikan tulisan berisi pesan damai walaupun berbeda pilihan. Sebut saja dari akun @melkysun yang menulis, “Salam lima jari, saya pilih Indonesia damai,” katanya. Ada juga yang lain seperti @oktataa13 yang menulis pantun, “Tinta biru, baju putih. Tetap bersatu demi Merah Putih,” tulisnya.

Sementara untuk Instagram, kebanyakan posting-an terkait pemilu disampaikan lewat fitur Story. Baik sekadar tulisan ataupun foto selfie dengan jari bertinta. Instagram seperti sudah kami beritakan sebelumnya merilis fitur sticker terkait pemilu. Menariknya, setiap unggahan warganet yang menggunakan sticker pemilu akan dikumpulkan ke dalam satu Story khusus yang dikolase oleh Instagram sebagai satu posting-an Story.

Selain Twitter dan Instagram, seperti sudah kami beritakan sebelumnya, yang tak absen memeriahkan #Pemilu2019 adalah Google. Raksasa mesin pencari itu memeriahkan satu momen tertentu dalam hal ini #Pemilu2019 lewat coretan Google Doodle Pemilu.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor : Fersita Felicia Facette