JawaPos Radar | Iklan Jitu

Huawei Siap Pasok Jaringan 5G di Korsel

16 Juli 2018, 16:10:59 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Huawei, jaringan 5G, Huawei jaringan 5G
Ilustrasi: logo Huawei. (Technode)
Share this

JawaPos.com - Huawei siap membangun jaringan nirkabel generasi kelima (5G) di Korea Selatan (Korsel). Menariknya, Korsel diketahui merupakan rumah vendor smartphone dan peralatan elektronik, Samsung.

Masuknya Huawei ke 'rumah' Samsung dengan tawaran jaringan internet paling canggih tentu bisa menjadi kemunduran bagi Samsung. Sebab mau tidak mau, Samsung justru akan bergantung pada kompetitornya dari Tiongkok untuk urusan jaringan internet cepat.

Melansir laman Bloomberg, Senin (16/7), masuknya Huawei ke rumah Samsung akan dimulai dengan pasokan peralatan pendunkung jaringan nirkabel seperti switch, base station, dan peralatan lainnya yang akan digunakan untuk jaringan 5G. Peralatan-peralatan tersebut bahkan akan dipasok ke tiga operator seluler nasional di Korsel.

Huawei, jaringan 5G, Huawei jaringan 5G
Ilustrasi: Jaringan nirkabel generasi ke 5 alias 5G. (Vesttech)

Menurut Bloomberg, Samsung menjadi identik dengan Korsel karena produk teknologi smartphone, chip, dan perangkat lainnya. Namun saingan kontroversialnya, Huawei, justru mengungguli Samsung dalam perlombaan membangun jaringan 5G.

"Huawei telah agresif dengan memulai pengembangan lebih awal dari yang lainnya. Kami mencari dengan sikap terbuka dan sama sekali tidak ada bias," ujar Executive Vice President SK Telecom co, Park Jin-hyo.

Menyoal tudingan beberapa pihak dari Amerika Serikat (AS) soal keamanan jaringan 5G dari Huawei, Park Jin-hyo mengaku tidak akan memilih Huawei jika tidak memenuhi standar keamanan global. Pihaknya juga sedang mencari faktor lain termasuk biaya dan teknologi agar jaringan 5G bisa segera terlaksana di Korsel.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up