JawaPos Radar

Kembali ke Fitrah

Kisah Lebaran Menkominfo yang Kini Jarang Mudik Kampung Halaman

16/06/2018, 08:00 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Rudiantara, Menkominfo Rudiantara, Idul Fitri 1439 H
Menkominfo Rudiantara saat open house Idul Fitri 1439 H di rumah dinasnya, Jakarta, Jumat (15/6). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hari Raya Idul Fitri 1439 H telah tiba, kemarin (15/6). Momen spesial umat Muslim ini kerap dijadikan untuk kumpul bersma keluarga besar. Tak terkecuali bagi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Dia membagikan sekelumit kisah tentang perayaan Idul Fitri yang biasa dijalaninya bersama keluarga.

"Dulu sejak bujangan dan menjadi anak rantau. Mudik juga menjadi hal wajib bagi saya. Pulang ke rumah orang tua di Bogor waktu lebaran ya harus," ujarnya ketika ditemui JawaPos.com di rumah dinasnya di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (15/6).

Namun kini, pria kelahiran 3 Mei 1959 itu mengaku sudah jarang mudik ke kampung halamannya. "Sepeninggal orang tua, saya jadi jarang kembali lagi ke sana. Kemudian ditambah dengan sibuknya saya di pemerintahan. Dulu waktu orang tua masih komplit ya wajib. Pulang, kumpul saudara, Solat Id bersama. Ya seperti kebiasaan orang pada umumnya lah," ungkapnya.

Rudiantara, Menkominfo Rudiantara, Idul Fitri 1439 H
Menkominfo Rudiantara bersama sejumlah wartawan saat open house Idul Fitri 1439 H di rumah dinasnya, Jakarta, Jumat (15/6). (Istimewa)

Sejak menjabat Menkominfo, Rudiantara mengaku semakin sibuk dengan aktivitasnya di pemerintahan. Bahkan selama bulan puasa saja dirinya jarang berbuka bersama istri dan anaknya di rumah.

"Sibuk, jarang ada waktu. Ya tapi istri saya paham lah. Anak-anak juga begitu. Yang penting kan komunikasi jalan terus walaupun tidak bertemu secara langsung," katanya.

Kendati dirinya sibuk dengan tugas dan kewajiban yang diembannya di tampuk pemerintahan, Rudiantara mengaku tetap menjalin silaturahmi di hari fitri dengan sanak saudaranya.

"Polanya memang berubah. Kalau dulu saya yang sowan ke kakak-kakak saya, sesepuh di keluarga saya, sekarang lain. Kaya sekarang nih, kita bikin open house. Jadi mereka yang datang ke sini," jelasnya.

Karena itu sejak duduk di pemerintahan, dia kerap meminta maaf dua kali. "Pertama karena memang momen lebaran, kedua karena dengan terpaksa membuat keluarga saya yang datang ke saya," tuturnya sambil tersenyum.

Urusan perut, makanan khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan sebagainya masih menjadi favoritnya. "Untuk menu makanan saya termasuk gampang sih. Nggak repot-repot, semua saya suka. Walaupun saya malah belom makan tuh, opor, ketupat, rendang. Habisan dari tadi tamu banyak banget, masa iya saya sibuk makan. Kasihan dong mereka nggak ditemani, terus kalau saya kekenyangan juga kan repot," terangnya lantas tertawa.

Tak lupa, dalam momen lebaran ini pria yang menyukai lukisan itu juga menghaturkan permintaan maaf. "Saya atas nama pribadi dan atas nama Kemenkominfo mengucapakan selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Semoga di momen ini kita dapat terus memperbaiki diri. Rahmat dan berkah selalu tercurah kepada kita," tutupnya.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up