JawaPos Radar

Luar Biasa, Mobil Terbang Tanpa Awak Segera Terwujud

16/03/2018, 10:27 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Mobil terbang, Kitty Hawk
Mobil terbang tanpa awak bernama Cora (Mirror)
Share this image

JawaPos.com – Teknologi masa depan tampaknya akan hadir dalam waktu yang tidak lama lagi. Salah satunya yang sedang dikembangkan dan telah di uji coba bersama Kitty Hawk.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman Mirror, Jumat (16/3), Kitty Hawk adalah perusahaan mobil terbang yang didanai oleh pendiri Google, Larry Page. Kitty Hawk telah meluncurkan purwarupa untuk sebuah mobil terbang baru dan telah diuji coba baru-baru ini.

Mobil terbang tersebut diberi nama Cora. Bentuknya menyerupai pesawat kecil dengan dua tempat duduk kecil. Layaknya pesawat, Cora memiliki baling-baling kecil yang mengelilingi sepanjang sayapnya yang memungkinkan untuk lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Mobil terbang, Kitty Hawk
Mobil terbang tanpa awak bernama Cora (Mirror)

“Cora sepenuhnya otomatis, yang berarti pengguna tidak memerlukan lisensi pilot untuk mengoperasikannya,” jelas Juru Bicara Kitty Hawk dalam sebuah pernyataan.

“Setelah hampir delapan tahun melakukan rekayasa ulang, rekayasa ulang, dan rekayasa ulang, kami kini telah melakukannya, membuatnya terbang,” sambungnya.

Pihaknya menyebut bahwa Cora dibuat dengan penuh sentuhan kasih sayang. Kitty Hawk ingin membuat semua orang dapat terbang, tanpa awak tentunya, yang sanggup lepas landas sendiri dengan mudah seperti helikopter.

Cora memiliki jangkauan sekitar 60 mil atau setara dengan 96,5 km dengan satu muatan, dan dapat berjalan dengan kecepatan hingga 110 mil atau 177 km/jam pada ketinggian hingga hampir 1.000 meter.

Dalam situs resminya, seorang juru bicara mengatakan bahwa Cora akan dapat segera terbang untuk kebutuhan komersil setelah mencari mitra global. Cora dikatakan telah mendarat di Selandia Baru untuk memulai fase evolusi baru.

Operator Kitty Hawk di Selandia Baru Zephyr Airworks mengatakan bahwa dengan komitmennya terhadap inovasi dan pemikiran maju dan ekosistem peraturan, Selandia Baru merupakan kolaborator yang sempurna. “Bekerja sama dengan pemerintah, bisnis, dan masyarakat lokal untuk mewujudkan impian penerbangan sehari-hari,” jelas Zephyr Airworks.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up