JawaPos Radar

Premium Notebook Belum Tergeser Smartphone

16/01/2016, 11:00 WIB | Editor: afni
Premium Notebook Belum Tergeser Smartphone
Ilustrasi ()
Share this

Jawapos.com- Salah satu produsen IT di Indonesia, PT Lenovo Indonesia, menyatakan bahwa penjualan untuk segmen premium berada di angka tertinggi bila dibandingkan dengan segmen lain.

 

’’Untuk notebook, kami memiliki tiga segmen, yaitu entry, mainstream, dan premium. Di segmen premium, memang pertumbuhan angka penjualannya tertinggi kalau dibandingkan dengan segmen lain,’’ kata Consumer Notebook Product Manager PT Lenovo Indonesia Christy Candlestine Susastra kemarin (15/1).

Sayangnya, dia enggan menyebutkan angka pertumbuhan penjualan untuk setiap segmentasi tersebut. ’’Salah satu sasaran segmen premium adalah notebook untuk gaming. Segmen ini menyumbang 40 persen dari total penjualan notebook Lenovo,’’ ungkapnya.

Segmen entry hanya mampu menyumbang 15 persen dari total penjualan. Sisanya, 55 persen, disokong dari penjualan segmen mainstream yang menyasar kalangan pekerja dan mahasiswa. Saat ini Lenovo pun aktif menggenjot penjualan di segmen premium. ’’Karena targetnya segmen khusus, potensinya masih cukup besar,’’ tutur dia.

Selain itu, segmen tersebut masih belum bisa tergeser oleh smartphone. Menurut Christy, dalam kurun tiga tahun ini, maraknya lomba game juga mampu mendongkrak pertumbuhan segmen tersebut. Pihaknya mengungkapkan bahwa 90 persen pemain bermain game melalui laptop. ’’Inilah yang menarik untuk dibidik sehingga kami khusus meluncurkan produk Y Series bagi gamer,’’ jelasnya.

Christy menjelaskan, penjualan notebook Lenovo tumbuh 45 persen sejak Januari sampai November 2015 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Di Indonesia, total marketshare notebook Lenovo mencapai 20,6 persen. Lenovo menargetkan marketshare dapat meningkat menjadi 22 persen pada Maret 2016. ’’Selain fokus ke segmen gaming, kami mulai ekspansi ke bisnis aksesori untuk memperbesar marketshare,’’ ujar dia.

Surabaya menyumbang 23,9 persen terhadap total penjualan notebook Lenovo untuk keseluruhan segmen. Khusus di segmen premium, Surabaya menyumbang 20,1 persen dari total penjualan. (vir/c14/tia)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up