JawaPos Radar | Iklan Jitu

6,8 Juta Foto Pengguna Facebook Berceceran Gara-Gara Bug

15 Desember 2018, 17:05:59 WIB
Facebook, Facebook Bug, Facebook Foto Berceceran
Ilustrasi: Facebook logo. (Noah Berger/AP)
Share this

JawaPos.com – Masalah celah keamanan alias bug kembali menghantui media sosial Facebook. Baru-baru ini terungkap bahwa gara-gara bug, sebanyak 6,8 juta foto pengguna Facebook berceceran alias bocor.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman TheGuardian, Sabtu (15/12), foto-foto tersebut bocor oleh aplikasi pihak ketiga yang meminta akses pengguna agar bisa berjalan di platfomr Facebook. Bug Facebook parahnya juga memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga untuk melihat foto yang diunggah pengguna, namun tidak pernah di-posting pengguna. Facebook mengklaim pihaknya mengetahui bug ini pada 25 September dan langsung mengatasinya.

Pengembang Facebook, Tomer Bar, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat bug pada Facebook itu terjadi karena aplikasi pihak ketiga memiliki akses ke foto-foto tersembunyi dan sudah diberi akses oleh pengguna ke semua foto publik mereka melalui Application Programming Interface (API) perusahaan.

Dengan kata lain, aplikasi meminta izin dan pengguna menyatakan biasanya lewat kolom ‘Agree’ tanpa membaca term and condition lebih lanjut. "Saat ini, kami percaya ini mungkin telah memengaruhi hingga 6,8 juta pengguna dan hingga 1.500 aplikasi yang dibangun oleh 876 pengembang,” kata Bar demikan.

Facebook berdalih, pengguna yang terpengaruh adalah mereka yang telah memberikan izin kepada aplikasi pihak ketiga untuk mengakses foto mereka melalui fungsi login Facebook. Sebab, tidak ada bukti bahwa bug menyebabkan ekstraksi foto dalam skala besar dari Facebook terhadap aplikasi pihak ketiga. "Kami menyesal ini terjadi," tambah Bar.

“Awal minggu depan kami akan meluncurkan alat untuk pengembang aplikasi yang memungkinkan mereka menentukan orang yang mungkin terkena dampak bug ini. Kami akan bekerja dengan pengembang tersebut untuk menghapus foto dari pengguna yang terkena dampak,” jelasnya.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : (ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up