JawaPos Radar | Iklan Jitu

First Media Tegaskan Gugatannya ke Kominfo Tidak Terkait Layanan Kabel

15 November 2018, 14:30:34 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
First Media, First Media Gugat Kominfo, First Media Kemenkominfo,
Ilustrasi: BTS jaringan telekomunikasi. First Media Tegaskan Gugatannya ke Kominfo Tidak Terkait Layanan Kabel (Pixabay)
Share this

JawaPos.com – 'Adu panas' antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan PT First Media Tbk (KBLV) mencuat belakangan ini. Tidak hanya soal utang, perkara keduanya berlanjut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta lantaran PT First Media Tbk (KBLV) melayangkan gugatan.

Meski gugatan tersebut masih terus berjalan, namun PT First Media Tbk (KBLV) dalam keterangan tertulisnya memastikan bahwa masalahnya dengan Kemenkominfo tidak berpengaruh ke layanan dengan merk First Media yang dioperasikan oleh PT Link Net Tbk (LINK).

Diketahui, PT First Media Tbk (KBLV) merupakan penyelenggara jaringan telekomunikasi yang memiliki izin penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis packet switched, baik melalui kabel maupun pita frekuensi 2.3Ghz (perseroan). Sementara PT Link Net Tbk (LINK) dengan merk First Media merupakan layanan TV kabel dan Fixed Broadband Cable Internet berbasis kabel menggunakan teknologi Hybrid Fiber Coaxial (HFC).

PT First Media Tbk (KBLV) telah mengajukan gugatan terhadap Direktur Operasi Sumber Daya qq Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo di PTUN Jakarta. Gugatan tersebut seperti pernah diberitakan sebelumnya telah terdaftar di bawah nomor register perkara 266/G/2018/PTUN-Jkt.

"Gugatan TUN yang diajukan adalah terkait lisensi layanan telekomunikasi nirkabel (Broadband Wireless Access 2,3Ghz) Perseroan, yang mana hal tersebut tidak berhubungan dengan layanan di bawah merek dagang (brand) 'FIRST MEDIA' yang dioperasikan PT Link Net Tbk (LINK)," terang pihak PT First Media Tbk (KBLV) dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/11).

"Dengan demikian, Gugatan TUN tersebut tidak berdampak apapun terhadap layanan TV Cable & Fixed Broadband Cable Internet 'First Media' yang disediakan oleh PT Link Net Tbk (LINK)," sambungnya.

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara sebelumnya juga telah menanggapi masalah PT First Media Tbk (KBLV) tersebut. Dia mengakui bahwa yang bermasalah memang First Media yang menggunakan spektrum frekuensi 2,3 GHz dalam hal ini PT First Media Tbk (KBLV). Menurut dia, First Media yang beroperasi menggunakan kabel (PT Link Net Tbk, red) tidak berperkara dengan Kemenkominfo. Karenanya, layanan tersebut tidak akan berdampak apa-apa.

Di sisi lain, menyoal gugatan PT First Media Tbk (KBLV), berdasarkan agenda sidang pertama, Selasa (13/11), majelis hakim masih memberikan kesempatan penggugat dalam hal ini PT First Media Tbk (KBLV) untuk memperbaiki gugatan dan harus disampaikan sebelum sidang berikutnya.

Adapun sidang lanjutan gugatan PTUN PT First Media Tbk (KBLV) akan digelar Senin, 19 November 2018 mendatang. Dari Kemenkominfo sendiri menegaskan bahwa terkait dengan gugatan, pihaknya akan mengikuti segala proses yang diperlukan.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up