JawaPos Radar

Meriahkan Asian Games, Google Bikin Fitur Khusus Pengguna

15/08/2018, 19:15 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Google Asian Games, Asian Games 2018, Google Fitur Asian Games
Head of Communications Google Indonesia (paling kanan) Jason Tedjakusuma bersama Produk Marketing Manajer Google Indonesia Mira Sumanti (kedua kanan) di kantor Google Indonesia, Jakarta, Rabu (15/8). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gelaran Asian Games 2018 segera dimulai. Guna menyambut perhelatan olahraga akbar tersebut, Google mengumumkan sejumlah fitur khusus yang akan menyemarakkan Asian Games 2018.

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami mengatakan, dalam gelaran bergengsi itu, Google ingin penggunanya dari seluruh Indonesia hingga turis mancanegara bisa turut merasakan serunya momen Asian Games. "Kami ingin semuanya bisa menikmati pengalaman seru selama Asian Games berlangsung lewat produk kami," ujarnya di kantor Google, Rabu (15/8).

"Ketika acara ini berlangsung, diprediksi akan ada lebih dari 110 ribu orang dari luar negeri datang ke Indonesia. Itu masih akan ditambah dengan orang kita (Indonesia) yang antusias dengan momen tersebut dan ingin menyaksikan pertandingan secara langsung," imbuhnya.

Google Asian Games, Asian Games 2018, Google Fitur Asian Games
Salah satu fitur layanan Google dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018. (Istimewa/Google)

Menurut Veronica, mereka yang ingin menyaksikan langsung di Indonesia pasti akan mengalami kendala. "Kendala bahasa, arah jalan, dan lainnya. Ini akan membuat sulit mereka yang tidak tahu. Makanya sebagai co-marketing partner Google ingin mengambil bagian dari gelaran ini," kata Veronica.

Sementara Mira Sumanti, Produk Marketing Manajer, Google Indonesia, menyebut, fitur Google untuk menambah semarak gelaran Asian Games sangat mudah diakses karena berada dalam line-nya aplikasi milik Google, seperti YouTube, Google Map, Google Translate, dan Google Search.

"Selain menambah semarak, kami juga bertujuan membantu user Google selama acara ini berlangsung," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Adapun fitur-fitur tersebut, pertama, pengguna Google bisa terus update tentang informasi terbaru semisal hasil pertandingan di Asian Games dengan fitur pencarian Google Search. Lewat mesin pencari milik Google itu, pengguna cukup menggunakan kata kunci 'Asian Games'. Dengan kata kunci tersebut, Google akan menampilkan seluruh pencarian terkini soal topik Asian Games.

Kedua, fitur lewat Google Maps. Pengguna juga bisa menemukan keseruan lainnya seputar Asian Games lewat peta digital Google. Melalui Google Maps, pengguna bisa menggunakan fitur Indoor Maps dan Street view untuk melihat venue Asian Games di Gelora Bung Karno, kompleks olahraga Jakabaring, Palembang, dan area Paragliding di wilayah Puncak, Bogor.

Masih dari Google Maps, selama gelaran Asian Games berlangsung, user juga bisa menemukan 10 lokasi wisata terindah untuk berwisata di Indonesia. Ini bisa didapat lewat Google Earth. Kemudian ada juga salah satu maskot Asian Games bernama Atung yang akan tampil menggunakan Jet-Ski selama penggunaan Google Maps meminta untuk diantarkan ke satu lokasi tertentu.

Ketiga, lewat Google Translate. Mengatasi kendala bahasa, Google memberikan kemudahan lewat aplikasi penerjemah bahasa Google Translate. Penduduk Indonesia atau turis asing bisa menggunakan fitur ini untuk saling bercakap dengan kemampuan bahasa berbeda dari 45 negara.

Terakhir lewat Google Play dan YouTube. Tak ingin ketinggalan, lewat toko aplikasinya, Google juga ingin menyemarakkan Asian Games. Lewat Google Play, pengguna bisa turut merasakan serunya gelaran ini lewat beragam aplikasi terkait Asian Games.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up